Prajurit dan PNS Lantamal XII Ikuti Bintek Fungsi Watpers Tahun 2022 dari Diswatpersal Mabesal

refubliknews.com,
Mempawah, Lantamal XII,- Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H. M.Si.(Han) menghadiri kegiatan Pembinaan Teknis Fungsi Watpers dari Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Diswatpersal) Mabesal yang dilaksanakan di Mako Lantamal XII Pontianak, Jalan Raya Wajok Hilir KM. 17, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (08/11/2022).

Dalam sambutannya, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto menyampaikan ucapan selamat datang di Mako Lantamal XII kepada Tim Diswatpersal. “Terima kasih dan penghargaan yang tinggi karena dapat meluangkan waktu untuk berkunjung ke Lantamal XII”, kata Danlantamal XII.

Selain itu, Danlantamal XII juga menyampaikan “Pentinganya tanda jasa, pendidikan, dan perumahan serta penghargaan yang di miliki seorang prajurit sebagai motivasi dan bekal bagi personel dimasa yang akan datang,” ujar Laksma TNI Suharto.

Danlantamal XII juga menyampaikan kepada Tim Diswatpersal, masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan menjadi sarana olahraga seperti lapangan tenis, gedung olahraga, gedung pertemuan, sehingga ke depan Lantamal XII Pontianak ini menjadi pusat kegiatan masyarakat bukan hanya TNI Angkatan Laut saja tetapi juga masyarakat sekitarnya.

“Oleh karena itu, kepada seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan ini dan memperhatikan semua arahan, petunjuk dan bimbingan yang disampaikan oleh Tim untuk perbaikan dan kemajuan Lantamal XII dimasa yang akan datang”, tegas Danlantamal XII Pontianak.

Sementara itu, sambutan dari Kadiswatpersal Brigjen TNI (Mar) Herry Djuhaeri, M.M., CHRMP., yang dibacakan Sekdiswatpersal Kolonel Laut (P) Soleh, S.H., M.Sc., bahwa “Pelaksanaan Bintek Fungsi Perawatan Personel ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Diswatpersal berdasarkan program kerja Tahun 2022 dengan tujuan untuk memberikan informasi, pemahaman dan bimbingan berkaitan dengan teknis perawatan personel TNI Angkatan Laut yang meliputi pelayanan personel, kesejahteraan personel, pembinaan jasmani, pembinaan musik dan penyaluran personel TNI Angkatan Laut,” kata Kolonel Soleh.

“Fungsi perawatan personel meliputi proses usulan untuk mendapatkan tanda jasa/kehormatan dan tunjangan serta bidang kesejahteraan personel meliputi proses pengusulan tingkat dan golongan kecacatan beserta proses pembayaran santunannya, proses pengusulan gugur atau tewas serta santunan duka dari Kepala Staf Angkatan Laut.

Selain persoalan tersebut, masalah rumah tempat tinggal juga perlu mendapatkan perhatian, seperti kita ketahui bersama masih banyak anggota yang sudah pensiun tapi masih menempati rumah dinas dan hal ini akan menambah jumlah personel yang aktif tidak dapat menempati rumah Negara,” lanjutnya membacakan sambutan Kadiswatpersal.

“Untuk itu, pimpinan mengupayakan solusi pemecahannya dengan pengadaan program pemilikan perumahan pribadi dengan menggunakan dana Tabplin, hal ini berdasarkan peraturan Kasal Nomor 57/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang perumahan pribadi melalui dinas TNI Angkatan Laut.

“Dengan selesai Bintek Fungsi Watpers ini, kita harapkan para personel memahami hak-hak dan kewajibannya serta pejabat personel yang menangani dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi personelnya dalam mengurus hak-haknya dengan tepat dan benar sehingga mekanisme didalam pelaksanaan dapat terselesaikan,” sambungnya.

Pada kegiatan sosialiasi tersebut, Tim Diswatpersal memberikan materi terkait pengenalan organisasi Diswatpersal, pelayanan personel, kesejahteraan personel, pembinaan musik dan jasmani serta program pemilikan rumah pribadi dengan menggunakan dana Tabplin yang dipandu oleh Letkol Laut (KH) Rojilun, S.Pd., CTMP.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya para Pejabat Utama dan para Kadis, Para Kasatker Lantamal XII Pontianak, Perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, Yonmarhanlan XII Pontianak serta anggota Satrol Lantamal XII Pontianak.

(Dispen Lantamal XII)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan