Danlanal Palembang Hadiri Acara Peresmian Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa Kabupaten Ogan Komering Ilir

refubliknews.com,
Palembang,- Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., menghadiri acara Peresmian Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa Kabupaten Ogan Komering Ilir di Kawasan Teluk Gelam Kabupaten OKI, Kamis (15/09/2022).

Peresmian Rumah Rehabilitasi Napza Adhyaksa Kabupaten Ogan Komering Ilir dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, S.H., M.M., dan didampingi oleh Bupati OKI H. Iskandar, S.E.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel menyampaikan bahwa upaya mendirikan pusat rehabilitasi ini adalah sebagai langkah dalam menindaklanjuti Pedoman Jaksa Agung Nomor 18 Tahun 2021 dalam penanganan kasus penyalahgunaan narkotika melalui rehabilitasi, Pedoman dari Jaksa Agung diharapkan dapat menjadi salah satu cara mengurangi masalah jumlah penghuni yang melebihi kapasitas di Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

Sebagai langkah penanggulangannya tidak hanya memutus mata rantai peredaran narkoba mulai bandar hingga pengedar saja, namun juga kepada pecandu atau pemakai. pencandu yang direhabilitasi supaya mendapatkan pengobatan atau perawatan baik medis maupun sosial dengan harapan para pencandu itu setelah dilakukaan rehabilitasi terbebas dari ketergantungan narkoba, sinergitas semua pihak harus terus ditingkatkan dalam rangka memerangi narkoba sesuai bidangnya masing-masing, lantaran  perang melawan narkoba bukan hanya tugas pemerintah serta pihak terkait lainnya. 

“Jadi, memerangi narkoba adalah tugas bersama baik pemerintah dan masyarakat sehingga perlu kontrol sosial lebih kuat dan masif, masyarakat jangan acuh dan berdiam diri jika di daerahnya ada praktik penggunaan narkoba,” ungkapnya.

Karena itu, dengan adanya balai rehabilitasi ini pencandu atau korban narkoba tidak dibawa ke pengadilan, namun penyelesaiannya melalui pendekatan restoratif, khusus pelaku itu adalah pencandu dan korban narkoba saja.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni, Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru, S.H., M.M., Sekda Provinsi Sumsel Ir. S.A Supriono, Pangdam II/Swj diwakili Kolonel Inf Dwi Kristianto, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, S.H., M.H., Bupati OKI H. Iskandar, S.E., Kajati Sumsel Sarjono Turin, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten OKI Dicky Darmawan, S.H., M.H., Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., dan jajaran Forkopimda Kabupaten OKI.

(Pen Lanal Palembang)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *