Komandan Lanal Bandung Dampingi Kasal Dalam Rangka Hadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TA. 2022

refubliknews.com,
Bandung,– Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., dampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka menghadiri Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TA. 2022 yang dipimpin langsung Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, bertempat di Lapangan Hitam Pusdiklatpassus Batujajar Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (08/09/2022).

Maksud dan tujuan Peresmian Komponen Cadangan tahun 2022 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. PP tersebut menyebut, Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama. Adapun yang dimaksud dengan Komponen Utama ialah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Presiden Joko Widodo yang diwakili Wapres RI menetapkan Komponen Cadangan TNI tahun 2022 di Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kabupaten Bandung Barat. Total ada 2.500 orang yang ditetapkan dalam suatu upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI tahun anggaran 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Komponen Cadangan terdiri dari warga negara, Sumber Daya Alam (SDM), Sumber Daya Buatan (SDB), serta sarana dan prasarana nasional. Pembentukan Komponen Cadangan terdiri atas sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Ketua Lembaga Negara RI, Kementerian Pertahanan RI, Ir TNI, Koamndan Korps Brimob, para Kepala Staf Angkatan, para PJU Mabes TNI, para Athan Negara Sahabat, Pangkoarmada RI, Rektor Unhan, para Dankodiklat Angkatan, Wakil Gubernur Jawa Barat, Pangdam III/Slw, Kapolda Jabar dan Forkopimda Provinsi Jawa Barat serta Forkopimda Kabupaten Bandung Barat.

(Pen Lanal Bandung)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan