Danlantamal XII Hadiri HUT Ke-74 Korps Suplai TNI Angkatan Laut

refubliknews.com,
Mempawah, Lantamal XII – Komandan Lantamal XII Laksma TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menghadiri acara syukuran dalam rangka HUT Ke-74 Korps Suplai TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan, bertempat di Gedung Malahayati Satrol Lantamal XII, Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Kota Pontianak, Kamis (1/09/2022)

Peringatan Hari Jadi Korps Suplai Tahun 2022 mengusung tema “Bermoral, Jujur Profesional”.
Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal XII membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP.

“Saat ini kita menghadapi situasi dimana ancaman dari Covid-19 belum sepenuhnya merdeka. Disamping itu dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemic serta ancaman resesi akibat konflik antar Negara juga masih membayangi. Dengan pertimbangan itu maka saya menginstruksikan kepada jajaran korps suplai untuk melaksanakan peringatan hari jadi Korps Suplai secara sederhana dalam koridor protokol kesehatan tanpa meninggalkan makna dan semangat untuk menegakkan eksistensi korps yang kita cintai dalam melaksanakan pengabdian tulus dan ikhlas kepada TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara,” kata Danlantamal XII.

“Pada momentum hari jadi Korps Suplai ini, sejenak kita menengok kepada sejarah berdirinya Korps Suplai. Di awal Kemerdekaan Indonesia. Tentara Keamanan Rakyat Laut yang menjadi cikal bakal dari Angkatan Laut, dalam membangun ALRI melaksanakan selection board pada tahun 1948 dan memutuskan lima korps awal yang terbentuk di Angkatan Laut yaitu Korps Pelaut, Mesin, Administrasi, Komando dan Kesehatan. Inilah yang menjadi awal lahirnya Korps Administrasi. Pada tahun 1960 timbul gagasan untuk mengubah Korps Administrasi menjadi Korps Suplai yang meliputi bidang administrasi laut yang lebih luas. Kemudian pada 1970 Korps Suplai diubah menjadi Korps Administrasi yang dalam meliputi pembinaan bidang profesi pembekalan, keuangan, personalia, hukum dan tata usaha. Melihat dinamika lingkungan penugasan guna meningkatkan” profesionalitas personel, maka diajukanlah perubahan nama korps serta perubahan tanda lambang korps. Oleh sebab itu melalui Surat Keputusan Kasal Nomor Skep/1334/VIII/2001 tanggal 20 Agustus 2001 diputuskan perubahan lambang dan penyebutan Korps Administrasi menjadi Korps Suplai. Bersamaan dengan itu, maka tanggal 1 September ditetapkan sebagai hari jadi Korps Suplai, terhitung tahun 1948 yang merupakan cikal bakal lahirnya Korps Suplai sampai dengan saat ini dengan demikian, pada tanggal 1 September tahun 2022 Korps Suplai sudah memasuki usia yang ke-74 tahun,” lanjutnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kadiskual memberikan beberapa penekanan diantaranya tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab dalam pengabdian kepada TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara.

Pelihara dan aktualisasikan etika dan moral dengan memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut serta patuhi segala peraturan perundang-undangan yang ada, jaga nama baik dan bangun eksistensi korps suplai secara nyata dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Tingkatkan dan kembangkan terus kemampuan diri di bidang profesi dan pengetahuan terkait kebijakan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi.

Senantiasa amati, cermati dan tingkatkan kepekaan dan adaptasi terhadap dinamika perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar kita hingga lingkup nasional dan tataran global serta pelihara dan tingkatkan semangat untuk bekerja keras secara cerdas dan ikhlas sesuai dengan semboyan kita “Jala Yoda Pawitra Murba” yaitu prajurit laut yang bermoral, jujur, dan profesional.

Dalam acara syukuran tersebut dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng oleh Komandan Lantamal dan diberikan kepada Perwira korps suplai yang tertua Letkol Laut (S/W) Tri Nugroho.

(Dispen Lantamal XII)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan