Danlanal Batam Hadiri Peresmian Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan ASEAN

refubliknews.com,
Batam,- Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H.,M.H., hadiri acara Peresmian Kantor DPW Khusus INAMPA Kepri dan Asean dan BUP PT. Maccahma Dhina Hartiensping oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI yang diresmikan secara langsung oleh Presiden INAMPA (Indonesian Maritime Pilot Association) Bapak Pasordan Herman Harianja, bertempat Ruko Town House Land Blok Tulip No. 33 Tiban Indah Sekupang Batam, Kamis (01/09/2022).

Acara tersebut sekaligus juga meresmikan pengoperasian Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Maccahma Dhina Hartiendspin yang mana telah mendapat ijin resmi dari Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk kegiatan Pemanduan dan Penundaaan Kapal di Perairan Batam dan sekitarnya dan telah bekerja sama dengan BP Batam dalam kegiatan operasionalnya.

Pada kesempatan mendampingi Presiden INAMPA wawancara doorstop, Danlanal Batam menyatakan bahwa “Keberadaan Pemanduan dan penundaan kapal memiliki peran yang strategis sesuai amanah UU nomor 17 Th 2008 tentang Pelayaran, pasal 198 (3) yang pada pelaksanaannya sudah diawali dari perairan Belawan yaitu pemanduan Selat Malaka (SOM) dan berlanjut di Perairan Selat Singapura sehingga menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan citra Batam sebagai pusat bisnis kemaritiman di Indonesia yang berada di daerah strategis di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura.

Berharap kehadiran BUP dan Kantor INAMPA Kepri dan ASEAN ini akan semakin memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholders kemaritiman yang ada di Batam, diharapkan semakin inovatif bersinergis demi keselamatan, keamanan bernavigasi dan perlindungan lingkungan laut serta menuju kejayaan di laut serta visi poros maritim dunia,” pungkasnya”

Kegiatan tersebut diakhiri pemberian donasi secara simbolis dan pembagian doorprize serta sesi foto bersama.

Turut hadir Presiden INAMPA (Indonesian Maritime Pilot Association), Bapak Pasordan Herman Harianja, Gubernur Kepri diwakili Asisten II Provinsi Kepri Syamsul Bahrum, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI diwakili Kasubdit Pemandu dan Penundaan Kapal Capt Yoshua Anthony, Danlanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf S.H., M.H., serta seluruh tamu undangan.

PEN LANAL BATAM

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan