Apresiasi Peran Kader PKK, Pemprov DKI Jakarta Gelar Jakarta Menyapa

refubliknews.com,
Jakarta,-
Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan ‘Jakarta Menyapa’ bersama Kader Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi DKI Jakarta, di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (16/7). Pada kegiatan ini Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi peran kader PKK yang telah ikut andil dalam menjaga kesejahteraan warga.

“Kami memberikan apresiasi kepada ibu-ibu semua yang hadir. Karena, selama ini ikut menjaga dan melindungi warga Jakarta baik di komplek atau di kampung. Para kader PKK yang selama ini kerjanya tak terlihat, tapi dampaknya terasa, sehingga kesejahteraan warga di Jakarta menjadi terbantu dan menimbulkan rasa kesetaraan,” kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Anies juga mengapresiasi rekor MURI yang diraih oleh TP PKK DKI Jakarta atas pelaksanaan pendataan keluarga secara satu pintu.
“Kami menyadari pencapaian ini adalah kolaborasi yang luar biasa. Kami sangat berbangga dan mari berikan tepuk tangan untuk mereka. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami mengucapkan selamat. Berkumpulnya ibu-ibu di sini seperti yang diharapkan almarhumah Ibu Ratna, agar ribuan kader PKK bisa berkumpul di suatu tempat, dan hari ini kita tidak hanya mewujudkan, namun juga melampaui yang diinginkan oleh almarhumah. Selamat datang di JIS. Semoga pertemuan seperti ini dapat menjadi pertemuan rutin,” ungkapnya.

Sementara Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para kader PKK.
“Yang selama ini telah mendedikasikan diri untuk masyarakat Jakarta dan secara konsisten telah menyelenggarakan upaya kesejahteraan keluarga di masyarakat melalui 10 (sepuluh) Program Pokok PKK,” katanya.

Fery menambahkan berada pada titik ini merupakan sebuah perjalanan panjang yang diawali dari sebuah mimpi seorang kader PKK.
“Seorang kader yang memiliki semangat juang dan dedikasi tinggi dalam memberdayakan keluarga hingga akhir hidupnya. Beliau bermimpi bahwa suatu saat puluhan ribu kader dapat berkumpul di suatu lapangan, dan ternyata hari ini dikabulkan. Kita semua berkumpul di lapangan besar JIS. Almarhumah juga sangat gigih dalam memperjuangkan agar pendataan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK yang terkumpul dan tersimpan dalam lemari dapat dimanfaatkan,” terangnya.

Fery mengatakan kegiatan ini juga dilakukan sebagai rasa terima kasih atas partisipasi para kader yang telah banyak membantu menyejahterakan unit pertama dan utama pembentukan masyarakat, yaitu keluarga, khususnya pada masa pandemi.
“Hadirnya Data Keluarga dan aplikasi Carik Jakarta merupakan wujud nyata dari slogan Jakarta sebagai kota kolaborasi. Semangat para kader yang memegang teguh motto: Berkarya, Berdaya, dan Berdampak juga dibuktikan dengan terlaksananya kolaborasi di berbagai program untuk masyarakat, seperti sistem pendataan keluarga yang menyeluruh dan mencakup hampir keseluruhan penduduk Jakarta,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan ‘Jakarta Menyapa’ ini juga dilakukan peluncuran dashboard Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, Data Carik Jakarta, dan Peresmian Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA). Selain itu, ada sebanyak 70 Kader PKK se-Provinsi DKI Jakarta yang diberikan piagam penghargaan pengabdian yang terbagi dalam dua penghargaan khusus, yakni sebanyak 42 orang menerima piagam Pengabdian Adhi Bhakti Madya 15 tahun dan 28 orang menerima piagam Pengabdian Adhi Bhakti Utama 25 tahun.

Turut hadir dalam kegiatan Jakarta Menyapa adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan jajaran Pemprov DKI Jakarta, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Khoiruddin, Ketua BKOW DKI Jakarta, Elisa Sumarlin, dan para Walikota se-Provinsi DKI Jakarta.

RN/Umayah Handayani/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan