Komandan Lanal Palembang Hadiri Acara Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022

refubliknews.com,
Palembang,- Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022, bertempat di Ruang Auditorium Bina Praja Provinsi Sumsel, Jalan Kapten F. Tandean Sungai Pangeran, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Provinsi Sumsel, Senin (27/6/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni,
Sekda Provinsi Sumsel Ir. S. A. Supriyono, Kepala BNN Sumsel Brigjen Pol Joko Prihodi, S.H., M.H., Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. Ra. Anita Noeringhati, S.H., M.H., Plt. Kajati Sumsel Drs. M. Naim, S.H., Kapolrestabes Palembang
Kombes Pol M. Ngajib, Kabid Pemberantasan BNNP Polda Sumsel
Kombes Pol Agus sudarno, S.H., M.H., Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M. Tr. Han., Kasi Intel Korem 044/Gapo Letkol Inf Arif Gumelar, Dansatpom Lanud SMH
Kapten CPM Nanang ,Staf Ahli Bidang OMP Kodam II/SWJ Kolonel Arm Norman W Ginting, Sekertaris Dilmil Kapten CHK Supriadi, S.H., Korwil Binda Provinsi Sumsel Mayor inf Mulyawan, S.E., H. Arun Sulianto
Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ade Refra, S.H., Pengadilan Negeri Palembang.

Beberapa poin penting dalam sambutan yang disampaikan Kepala BNN Pusat (Komjen Pol Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose) secara virtual yakni, Acara Peringatan Hari anti Narkotika Internasional Tahun 2022 yang merupakan momen keprihatinan dunia terhadap permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang trendnya selalu meningkat dan cukup mengkhawatirkan dengan mengusung tema racing drag challenge in half and cuman.

Tantangan pemasaran narkotika dalam krisis kesehatan dan kemanusiaan kondisi krisis dunia dimana semakin banyak munculnya narkotika sintetis jenis baru yang sulit dikendalikan terbeli diperparah dengan adanya krisis kesehatan dan kemanusiaan global pandemi covid 19.

Hal ini merupakan tantangan yang memerlukan perhatian kerjasama dan penyelesaian yang gesit dan cepat sejalan dengan tema hari anti narkotika nasional yaitu kerja cepat hebat berantas narkoba di Indonesia BNN Republik Indonesia sebagai lidi institution penanggulangan permasalahan narkotika dengan pendekatan strategi yang komprehensif meliputi strategi produk smartphone and cooperation merupakan aktivitas pencegahan untuk meningkatkan daya tahan masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya narkoba melalui kegiatan penyebarluasan informasi edukasi dan advokasi.

Sambutan Kepala BNN Sumsel Brigjen Pol Joko Prihodi, S.H., M.H., poin utamanya antara lain, sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan pada implementasi rencana aksi di Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika tahun 2020-2024 pnn terus kontrak speed up never give up, hal ini juga sudah kita implementasikan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan Alhamdulillah kita juga sudah punya rencana aksi daerah P4GN dan tim terpadu yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Selatan saat ini kita sedang merencanakan merumuskan program kerja dan rencana kerja dalam rangka percepatan P4GN di Tahun 2022 hal ini merupakan perwujudan langkah strategis dalam dalam dalam kegiatan-kegiatan kontrak p4gn yaitu meliputi soft power yaitu berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika juga melakukan upaya rehabilitasi pada para pecandu dan penyalahgunaan narkotika secara masif untuk surat untuk ini kita sudah melakukan kegiatan-kegiatan di berbagai bidang kegiatan di lembaga pendidikan kampus bersinar di masyarakat juga beberapa kegiatan-kegiatan lain dalam proses pencegahan dan pemberdayaan alternatif yang kita lakukan di wilayah Sumatera Selatan juga kita melakukan kegiatan kegiatan kerjasama dengan media sosial dengan radio dan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Sumatera Selatan yang berikutnya adalah kegiatan tersebut yaitu memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur ini juga kita sudah laksanakan di Tahun 2022 ini hampir sekitar 35 kilogram kita lakukan penyitaan penangkapan barang bukti metamfetamin juga beberapa ladang ganja yang kita temukan di wilayah Empat Lawang sekitar hampir 10 kg dan 1 hektar lahan gajah ini merupakan hal yang harus ditaati ndak kita kita siasati bersama kita lakukan upaya untuk upaya bersama dalam rangka penegakan hukum ini kita akan tuntaskan pada penegakan hukum pengungkapan jaringan koordinasi yang terpadu terpadu kita sudah ada Kalau tidak salah kita kumpul bersama-sama merapatkan untuk pergi kapan jaringan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang saat ini baru kita identifikasikan sekitar 6 jaringannya wilayah Sumatera Selatan yang berhubungan dengan jaringan dari Pekanbaru Medan jaringan dari Jambi.

Partisipasi Komandan Lanal Palembang dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud implementasi dari Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa TNI AL harus membangun hubungan yang harmonis dengan berbagai kompenen agar tecipta sinergitas dalam kebersamaan dan harus mampu memberikan kerja nyata yang bermanfaat terhadap organisasi, masyarakat, bangsa dan negara.

(Pen Lanal Palembang)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan