Jaga Ekosistem Pantai, Lanal Sibolga Tanam Mangrove Di Daerah Labuhan Angin

refubliknews.com,
Sibolga,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Sibolga lakukan penanaman ratusan bibit Mangrove di Desa Labuhan Angin, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jum’at (24/06/2022).

Penanaman bibit Mangrove yang dilaksanakan Prajurit Lanal Sibolga dilakukan secara bertahap dan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) diseluruh Satuan Komando Wilayah (Satkowil) maupun Satnonkowil TNI AL melalui pembinaan pertahanan wilayah maritim aspek geografi dengan menjaga ekosistem utama pesisir selain padang lamun dan terumbu karang serta merupakan sumberdaya
bernilai ekologi dan sosial ekonomi sebagai habitat hidup dan penopang kehidupan, perlindungan pantai dan penjernih air dan penyimpanan karbon dan peregulasi iklim.

Sasaran terpenting dalam penanaman bibit Mangrove ini yakni Mangrove sebagai mitigasi bencana dengan melindungi pantai dari gelombang, badai, tsunami dan erosi.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M.Tr. Opsla., mengatakan “Mangrove berfungsi sebagai stabilisator produktivitas sumber daya hayati di wilayah pesisir yang juga akan berpengaruh pada aspek perekonomian bagi masyarakat di wilayah tersebut”.

Penanaman Bibit Mangrove ini merupakan bagian dari kegiatan Bintahwilmar Nasional yang dimana akan dilaksanakan penanaman nya serentak di seluruh Indonesia oleh TNI AL pada Minggu ke-IV bulan Juli 2022.

(Pen Lanal Sibolga)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan