Prajurit Benteng Samudra Perkasa Lanal Sibolga Terima Pembekalan Tentang Potensi Maritim

refubliknews.com,
Sibolga,- Untuk mendukung tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut, Prajurit Benteng Samudra Perkasa Lanal Sibolga terima Pembekalan Potensi Kemaritiman dari Paban III Tahwilmar Spotmar TNI AL Kolonel Marinir Rommy Hutagaol, bertempat di Aula Zulkifli Tanjung Lanal Sibolga, Jalan S. Parman No. 26 Ps Belakang Kota Sibolga, Kamis (16/06/2022).

Prajurit Benteng Samudera Perkasa Lanal Sibolga menerima pembekalan Potensi Kemaritiman bertujuan untuk memberikan pemahaman tugas TNI Angkatan Laut di bidang Dawilhanla bagi jajaran Satkowil TNI Angkatan Laut.

Dalam sambutannya, Paban III Tahwilmar Spotmaral Kolonel Marinir Rommy Hutagaol menyampaikan bahwa seluruh Personil TNI AL yang berada di Kowil adalah merupakan insan Potmar. Tahun ini adalah Tahun Potmar TNI AL, sebagaimana telah dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Sebanyak 69 KBN telah diresmikan oleh Kasal pada tahun ini, salah satunya adalah yang berada di Lanal Sibolga.

“Laksanakan Komsos kepada siapa saja yang bisa membantu kegiatan mendukung Pertahanan. Laksakan pembinaan kepada masyarakat, meskipun tugas pokok Lanal adalah mendukung KRI, namun tugas Babinpotmar juga harus dilaksanakan,” pesan Paban III Tahwilmar Spotmaral, Kolonel Marinir Rommy Hutagaol.

Lebih lanjut, Paban III Tahwilmar Spotmaral menjelaskan bahwa Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) diantaranya adalah mencegah terjadinya hal-hal yang bisa menganggu pertahanan TNI AL. Bitahwilhan harus bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita wajib membantu masyarakat sebagai pendukung pertahanan, karena masyarakat masuk dalam Komponen Cadangan Pertahanan Matra Laut yang sewaktu-waktu dapat difungsikan. Komponen Cadangan harus dipersiapkan untuk mendukung SSAT, serta harus dilatih kemiliterannya oleh Pelatih dari TNI AL. Selanjutnya, melakukan eksplorasi potensi-potensi yang bisa dikembangkan, seperti sektor wisata Bahari, melakukan penanaman kembali hutan mangrove, melakukan penanaman dan pemeliharaan terumbu karang, serta memanfaatkan hasil tangkapan nelayan menjadi bernilai ekonomis yang tinggi dan baik. Dan setiap kegiatan yang dilakukan agar terlebih dahulu disosialisasikan, supaya masyarakat tahu apa yang kita lakukan dan bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama,” jelasnya mengakhiri.

Selanjutnya, dalam kegiatan Pembekalan Potensi Kemaritiman kepada Prajurit Lanal Sibolga itu, Pabandya Evadalgar Ban I Ren Spotmaral Letkol Laut (SW) Sri Sukesi, SA.P., M.Ak., CRMP, sebagai Tim Spotmar TNI AL itu memberikan pembekalan perihal tujuan dan pemanfaatan anggaran.

“Semua kegiatan tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya anggaran, maka rencanakanlah anggaran tersebut jauh-jauh hari. Ajukanlah anggaran 2 tahun ke depan agar bisa terdukung.

Sedangkan Pabandya Potwilmar Ban Ill Tahwilmar Spotmaral Letkol Marinir Agustinus Purba, memberikan pembekalan perihal Pembinaan Bindesir dan Kampung Bahari Nusantara. “Berikan hati dan pikiran untuk membentuk KBN, serta lakukanlah kebiasaaan kita, yakni Tegur, Sapa, Salam dan Silaturrahmi kepada masyarakat,” harap Pabandya Potwilmar Ban Ill Tahwilmar Spotmaral dalam paparannya.

Kegiatan Pembekalan Potensi Kemaritiman di Mako Lanal Sibolga dihadiri seluruh Personil Lanal Sibolga.

(Pen Lanal Sibolga)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan