Lanal Sibolga Laksanakan Bintahwimar Dengan Launching Kelompok UKM “Kopek Gadapang” Pasar Sorkam Tapteng

refubliknews.com
Sibolga,- Pangkalan TNI AL Sibolga sebagai salah Pembina Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga melaksanakan kegiatan Launching Kelompok UKM “Kopek Gadapang” yang dirangkai dengan Expo hasil produk ekonomi kreatif khas Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (15/06/2022).

Bertempat di Pos Binpotmar Sorkam, tepatnya di Jalan TPI, Desa Pasar Sorkam, Tapteng dilaksanakan pertama kali kegiatan Bintahwilmar dengan meluncurkan Produk UKM dengan Merk Kopek Gadapang, kegiatan yang dihadiri Paban III Tahwilmar Spotmar Kolonel Marinir Rommy Hutagaol bersama Pabandya Potwilmar Ban Ill Tahwilmar Spotmar Letkol Mar Augustinus Purba, S.E., CRMP dan Pabandya Evadalgar Ban I Ren Spotmar Letkol Laut (SW) Sri Sukesi, S.AP., M.Ak., CRMP, dengan didampingi oleh Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas S.E., M.M., M.Tr. Opsla., yang diwakili oleh Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (T) Mukmin Alamsyah Putra.

Paban III Tahwilmar Spotmar Kolonel Marinir Rommy Hutagaol dalam sambutannya menyampaikan bahwa komponen-komponen yang terlibat dalam pertahanan negara, diantaranya adalah masyarakat yang termasuk dalam Komponen Pertahanan Negara Matra Laut tersebut.

“Dengan adanya kerajinan hasil masyarakat yang tergabung dalam UKM Kopek Gadapang ini akan dapat membantu mensejahterakan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pertahanan Negara Selain Perang (PNSP), dan peran masyarakat pesisir dalam mendukung pertahanan negara dalam memberi laporan informasi yang tidak terjangkau oleh TNI AL. Untuk itu, kami mohon kepada pemerintah yang ada di daerah agar mendukung kegiatan masyarakat tersebut,” kata Paban III Tahwilmar Spotmar .

Selanjutnya, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, S.E., M.M., M.Tr. Opsla, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Palaksa Lanal Sibolga, menyampaikan bahwa Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim yang selanjutnya disebut Bintahwilmar adalah merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Potensi Maritim yang pada hakikatnya dilaksanakan dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut yang meliputi Potensi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial untuk ditingkatkan menjadi kekuatan pertahanan nasional.

“Adapun kegiatan Bintahwilmar Satkowil Lanal Sibolga yang telah dilaksanakan yakni meliputi pembentukan, pelatihan, pendampingan, serta pembukaan akses pasar bagi Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM), Pengolahan Ikan Kering “Kopek Gadapang” Khas Masyarakat Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, dengan mengusung tema “Lanal Sibolga Mendukung Pemulihan Ekonomi di Wilayah Kerja Dimasa Pandemi Covid-19 dengan Mendorong Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Pasar Sorkam,” jelas Palaksa Lanal Sibolga,

Lebih lanjut Danlanal Sibolga menyampaikan terima kasih karena masyarakat yang berada disekitar Desa Pasar Sorkam ini telah mendukung salah satu tugas dari Lanal Sibolga, yakni menyelenggarakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut sesuai UU NO. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pada Pasal 9 yang diimplementasikan melalui kegiataan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Lanal Sibolga.

“Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya dinas terkait turut membina, mendukung serta mendampingi eksistensi produk ekonomi kreatif didaerah kita ini. Semoga kegiatan Bintahwilmar Satkowil Lanal Sibolga ini dapat terus berkelanjutan menjadi skala wadah kegiatan masyarakat dalam membangun ekonomi kreatif lainnya.”

Sementara itu, Pj. Bupati Tapanuli Tengah Yetti Sembiring, S.STP., M.M., yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Herman Suwito, M.M., menyampaikan terima kasih kepada Lanal Sibolga atas terlaksananya kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga yang dirangkai dengan kegiatan Launching Kelompok UKM “Kopek Gadapang” serta Expo hasil produk ekonomi kreatif khas Desa Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

“Mewakili masyarakat Tapteng khususnya masyarakat Sorkam, kami mengucapkan terima kasih atas pembinaannya kepada masyarakat kami di Kecamatan Sorkam ini. Kami berharap, sinergitas dan kemitraan serta kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Lanal Sibolga dapat terus berlanjut dan ditingkatkan,” ungkap Plt. Sekdakab Tapteng Drs. Herman Suwito, M.M.

Dalam acara Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim ini dilaksanakan penyerahan secara simbolis Stand Booth, Roller Banner dan Kemasan Kreatif, serta pemberian bahan kontak oleh Paban III Tahwilmar Spotmaral, Danlanal Sibolga, Bupati Tapteng kepada Kelompok UKM “Kopek Gadapang”.

Turut hadir dalam kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) Satkowil Lanal Sibolga tersebut, yakni Dandim 0211/TT yang diwakili oleh Danramil 02/Sorkam, Kapolres Tapteng yang diwakili oleh Kapolsek Sorkam, Kadis Perizinan Tapteng Junaedi Marbun, S.Pd., Kadis Perindag Tapteng Zafril Abdi Nasution, S.E., M.Si., Kadis Koperasi dan UKM Tapteng Samrul Hutabarat S.Ag., Kadis Kesehatan Tapteng, Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng, Camat Sorkam Barat Agus Haryanto, S.STP., Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama Sorkam.

(Pen Lanal Sibolga)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan