Peduli Kemanusiaan Serma Iswandi Babinsa Koramil 04/Cileduk Mengasuh 76 Anak Yatim Piatu

refubliknews.com,
Kodam Jaya_Ciledug Tangerang.
Serma Iswandi bertugas sebagai Babinsa Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr, adalah pendiri Yayasan Fajar Qolbi yang beralamat di Jalan Batas Indah RT 05/01 No.135, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren Tangerang.

Yayasan Fajar Qolbi yang dikelolanya saat ini, menampung serta mengurus anak yatim piatu dari berbagai tempat bukan hanya dari wilayah tempat tinggalnya di kawasan Bintaro.

Serma Iswandi, biasanya disapa ‘Cak Wandi’ menuturkan kepada Majalah Jayakarta mengenai perjalanan mendirikan Yayasan Fajar Qolbi yang dikelolanya. Awal terbentuknya Yayasan Fajar Qolbi secara resmi itu sekitar tahun 2019, namun sebelumnya rentang perjalanan selama 7 tahun lebih, waktu itu masih bersifat tertutup. Atas motivasi dari Kolonel Arh Wisnu Kurniawan mensupport untuk pengurusan surat-surat, alhamdulillah surat izinnya terbit dan Yayasan Fajar Qolbi kemudian diresmikan.

Pada awal terbentuknya Yayasan Fajar Qolbi (2019) jumlah santrinya sebanyak 81 orang, mereka rata-rata anak yatim piatu yang kami asuh dan disekolahkan. Saat ini hanya tinggal 76 orang, ada yang sudah lulus SMA dan ada juga yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri memperoleh bea siswa.

Untuk aktivitas sehari-hari yayasan, kegiatan dimulai dari hari Senin sampai hari Jumat. Kami bagi waktunya, agar tidak mengganggu kegiatan sekolah mereka, inikan aktivitas sekolahnya mulai dari SMP, SMA diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu jam pelajaran sekolah. Setelah pulang dari sekolah, mereka belajar membaca Alquran dan menghapal Alquran (Hafidz Quran). Kita membangun mereka untuk menjadi generasi qurani, percaya diri dan rendah hati.

Terkait dengan pengelolaan sumber dana Yayasan Fajar Qolbi, selama ini saya selalu meyakini bahwa rejeki itu datangnya dari Allah SWT, Allah akan turunkan atau mendatangkan orang-orang baik untuk membantu yayasan yatim piatu miliknya. Selain itu, kami juga upayakan dengan wira usaha semacam UMKM menjual madu, minyak goreng dan produk lainnya yang penting halal, keuntungannya kita sisihkan untuk kebutuhan yayasan.

Lalu, bagaimana Cak Wandi menyesuaikan dengan kedinasan? Karena masih seorang anggota TNI aktif. Alhamdulillah selama ini untuk kedinasan TNI dapat berjalan dengan baik, tugas sebagai Babinsa di Koramil 04/Ciledug berjalan sesuai fungsinya. Ketika ada kegiatan di wilayah saya akan jalankan tugas tersebut, mengenai yayasan kebetulan ada pengurusnya saya akan hubungi lewat handphone sehingga keduanya dapat terlaksana.

Bahwa setiap perjalanan mempunyai tujuan yang ingin dicapai, “katanya. Demikian pula Yayasan Fajar Qolbi pedomannya adalah sesuai yang tertuang dalam Perintah Harian Kasad sudah jelas yaitu membantu kesulitan rakyat dan 8 Wajib TNI yaitu mempelopori usaha-usaha mengatasi kesulitan rakyat sehingga keberadaaan TNI menjadi bermanfaat bagi masyarakat, ya memang memerlukan suatu perjuangan, pengorbanan, semangat, tenaga serta pemikiran.

Harapan kami kedepannya hal tersebut agar menjadi kepedulian bagi siapa saja termasuk unsur pimpinan, baik di lembaga pemerintahan, swasta maupun TNI untuk memberikan perhatian kepada anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak-akhlak yang mulia.

RN/yanto/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan