Peduli Lingkungan Hidup, Komandan Lantamal I Pimpin Penanaman Mangrove Di Serdang Bedagai

refubliknews.com,
Belawan,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan konsisten dalam memelihara alam serta peduli akan lingkungan, dengan menjaga pantai dari abrasi dan erosi yakni melalui penanaman bibit mangrove, hal tersebut terlihat ketika Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo memimpin langsung kegiatan penanaman mangrove di wilayah pesisir, Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini selaras dengan instruksi dan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yakni “Menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI Angkatan Laut dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Turut mendampingi Danlantamal I saat melakukan penanaman mangrove yakni Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman dan Pejabat Utama Lantamal I, Camat Tanjung Beringin Ny. Elmiyati, serta Perwakilan dari Forkopimcam dan Muspika Serdang Bedagai.

Kegiatan penanaman pohon mangrove oleh TNI Angkatan Laut di wilayah Tanjung Beringin bertujuan untuk mewujudkan pembinaan wilayah pertahanan laut dalam rangkaian kegiatan Kampung Bahari Nusantara dimana ada lima cluster yang telah ditetapkan yaitu pertahanan wilayah, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi sekaligus mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau.

Disela-sela penanaman mangrove, Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaraan akan pentingnya pelestarian hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah. Disamping itu, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi penyelamatan lingkungan pesisir, mencegah erosi dan abrasi. Hutan mangrove juga berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya.

Kegiatan penanaman bibit mangrove yang ditanam oleh Lantamal I Belawan saat ini sebanyak 5000 batang dan akan terus berkelanjutan hingga total 15.000 batang bibit mangrove, dengan jumlah peserta penanaman mangrove sebanyak 310 orang yang terdiri dari kelompok nelayan dan tani Serdang Bedagai, siswa dan siswi serta Pengurus Pramuka Hang Tuah, Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Negeri Sumatera Utara dan Menwa Universitas Islam Sumatera Utara.

(Dispen Lantamal I)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan