Bangga Merawat Anak Bangsa, Tema Perayaan Hari Jadi RSUD Bayu Asih Purwakarta ke-94 Tahun

refubliknews.com,- Purwakarta | Mengangkat tema ‘Bangga Merawat Kesehatan Anak Bangsa’ puncak perayaan Hari Jadi ke-94 Tahun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat digelar di Komplek Rumah Sakit, pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Dari pantauan awak media dilapangan, puncak perayaan Hari Jadi RSUD Bayu Asih dihadiri langsung Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, pejabat dilingkungan Pemkab Purwakarta, para mantan Direktur RSUD Bayu Asih, dan para pegawai RSUD Bayu Asih, serta tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi, atas nama pemerintah daerah, dan masyarakat Kabupaten Purwakarta, saya mengucapkan selamat Hari Jadi RSUD Bayu Asih Purwakarta.

“94 tahun adalah waktu yang tidak singkat, saya mengajak keluarga besar RSUD Bayu Asih untuk bersyukur atas upaya dan kerja keras yang sudah dilaksanakan, dan semoga semua itu akan memberikan manfaat bagi masyarakat serta membanggakan nama daerah Kabupaten Purwakarta. Jadikan momentum Hari Jadi ini untuk melakukan intropeksi secara internal maupun eksternal dilingkungan RSUD Bayu Asih Purwakarta,” kata Benni Irwan.

Ia pun mengapresiasi sejumlah capaian, baik yang telah didapatkan RSUD Bayu Asih dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maupun Kementerian Kesehatan. Dimana RSUD Bayu Asih Purwakarta menjadi salah satu rumah sakit yang diberi tanggungjawab, dan telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk bisa merawat pasien dengan penyakit-penyakit cukup berat, seperti jantung, stroke, kanker, kesehatan ibu dan anak, ginjal, dan lain sebagainya.

Selain itu, lanjut Benni, RSUD Bayu Asih Purwakarta juga mendapat penilaian sebagai BLUD dengan capaian kinerja terbaik dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, dan RSUD Bayu Asih Purwakarta masuk tiga besar di Jawa Barat.

“Saya minta RSUD Bayu Asih Purwakarta jangan puas dengan apa yang telah dicapai. Saya akan senang kalau masyarakat sudah senang diberikan pelayanan disini,” ujarnya.

Benni juga meminta pihak RSUD Bayu Asih untuk ke depan bisa menambah jumlah ruangan dan tempat tidur perawatan yang saat ini jumlahnya masih sangat terbatas. Kemudian, lakukan peningkatan SDM, seperti meningkatkan kompetensi, kapasitas petugas, dan penambahan dokter spesialis hingga peralatan kesehatan.

“Ini semua menjadi catatan kita, ini semua menjadi PR kita, dan kita akan terus berupaya untuk melakukan yang terbaik,” ucapnya.

Selain itu, Pj Bupati Purwakarta juga mengapresiasi pihak RSUD Bayu Asih Purwakarta atas pemilihan tempat pelaksanaan Hari Jadi, susunan acara, hingga sejumlah penampilan yang dihadirkan pada puncak perayaan Hari Jadi Bayu Asih.

“Saya baru kali ini nyanyi di Purwakarta, ini karena saya cukup surprise dengan apa yang dilakukan oleh jajaran RSUD Bayu Asih,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, dr. Tri Muhammad Hani, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Purwakarta, dan seluruh pengguna layanan RSUD Bayu Asih. “Kami juga minta maaf yang sebesar-besarnya, apabila sampai dengan 94 tahun ini, RSUD Bayu Asih masih belum bisa memberikan pelayanan memuaskan,” kata Hani, sapaan akrabnya.

Ia memastikan, RSUD Bayu Asih berkomitmen untuk memperbaiki diri dan terus mengoreksi setiap lingkungan, dan siap menerima saran, kritikan, masukan, dan bahkan pengaduan yang bertujuan memperbaiki layanan yang dinilai masih kurang baik. Oleh sebab itu, dr Hani meminta kepada seluruh pegawai RSUD Bayu Asih untuk menjaga Marwah dan amanah yang di emban.

“Berikan pelayanan dengan segenap kemampuan yang kita miliki. Jangan pernah merasa lelah dan putus asa. Apabila ada kritikan, cacian, bahkan hujatan, jadikan itu sebagai refleksi untuk intropeksi diri. Mari bersama-sama kita jadikan RSUD Bayu Asih sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Jawa Barat,” tandasnya.

RN/Raffa Christ mamalu/red

Pos terkait