Lanal Dabo Singkep Laksanakan Upacara Bendera 17an

refubliknews.com, – TNI AL, Dabo Singkep,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) melaksanakan Upacara Bendera 17an, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Dabo Singkep, Kamis (17/10/2024).

Komandan Lanal Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA, M.Tr.Opsla., selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan Amanat Panglima TNI Jendral TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Kita telah melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2024 dengan tertib, lancar, dan spektakuler di semua wilayah. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNI kali ini dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2024 di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta, yang dihadiri oleh ratusan ribu warga masyarakat. Kehadiran masyarakat secara sukarela pada acara tersebut membuktikan kuatnya hubungan historis dan emosional antara TNI dengan rakyat. Karena rakyat adalah ibu kandung TNI, dan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat tidak akan pernah berubah.

Untuk itu, pada kesempatan ini menyampaikan ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dari Panglima TNI kepada seluruh personel, yang terlibat pada peringatan HUT ke-79 TNI, baik sebagai bagian dari kepanitiaan maupun sebagai peserta upacara dan pendukung dimanapun berada.

Dalam waktu dekat, kita akan memiliki dua agenda politik nasional yang sangat menentukan kewibawaan pemerintah dan keberlanjutan pembangunan.

Pertama, pada tanggal 20 Oktober ini akan dilaksanakan suksesi kepemimpinan nasional, berupa Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. TNI bersama Polri serta semua komponen masyarakat berkomitmen untuk mengamankan jalannya pelantikan tersebut dengan menjaga stabilitas serta memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan tertib dan lancar.

Kedua, pada bulan November akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota. Saya ingatkan kembali bahwa TNI harus netral. Komitmen Netralitas TNI merupakan wujud nyata bahwa TNI tidak ingin kembali ke ranah politik praktis.

Danlanal DBS menambahkan dengan demikian tugas kita sebagai prajurit TNI AL dalam Pilkada di Kabupaten Lingga ini harus mengerti dan pahami, yaitu membantu Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pilkada dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya serta pergeseran Logistik Pilkada.

Lebih Lanjut Danlanal DBS menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh personel TNI AL Dabo Singkep selalu menjaga Netralitas serta selalu mengikuti perkembangan situasi di beberapa daerah di Wilayah Kabupaten Lingga memiliki kerawanan menjelang Pilkada, agar selalu melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing, jalin komunikasi dengan Tokoh Masyarakat, perkuat sinergitas TNI-Polri dan instansi/organisasi lainnya, serta susun rencana kontijensi pengamanan bencana alam mengingat wilayah Kabupaten Lingga terdiri dari pulau-pulau.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pgs. Palaksa Lanal DSB, Dandenpom Lanal DBS, Perwira Staf serta Prajurit dan PNS Lanal Dabo Singkep.

(Pen Lanal DBS)

RN/sayim/red

Pos terkait