Lanal Bandung Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 TA. 2024

refubliknews.com, – TNI AL, Bandung,- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan satuan Pangkalan TNI AL, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2 /P2 TA. 2024 yang diikuti seluruh prajurit Lanal Bandung, Kamis (17/10/2024).

Uji terampil Glagaspur P1 dan P2 di Lanal Bandung dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 17 hingga18 Oktober 2024 yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauhmana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan serangan pihak lawan atau musuh serta hasil evaluasi oleh Tim Penguji Kolat Koarmada I untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme individu atau beregu anggota TNI AL khususnya Lanal Bandung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik, M.Tr.Hanla., M.M., bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, dan dihadiri Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto sebagai Wakatim Kolat Koarmada I, Perwira Staf Lanal Bandung, serta Tim Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 Kolat Koarmada I. Materi-materi Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 antara lain pengecekkan software, tes tulis, PDD Khas TNI AL, tali temali dan peluit, isyarat, bongkar pasang senjata, PBB, upacara pemakaman, PHH, Hanlan, PEK dan Evakuasi medis, menembak serta renang militer.

Dalam sambutannya, Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik, M.Tr.Hanla., M.M., menyampaikan bahwa kami atas nama pribadi mengucapkan selamat datang kepada Tim Uji Petik Kolat Koarmada I yang telah berkenan hadir di Mako Lanal Bandung, merupakan suatu kehormatan bagi Lanal Bandung yang telah diberi kesempatan untuk mendapatkan kunjungan dari Tim Uji Petik Kolat Koarmada I.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kegiatan Uji Petik di lingkungan TNI AL merupakan rangkaian fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta tindakan prefentif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penurunan kinerja prajurit. Dengan demikian kehadiran Tim Uji Petik Kolat Koarmada I diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang positif, utuh dan terpadu yang produknya berupa saran dan koreksi untuk perbaikan organisasi Lanal Bandung saat ini maupun dimasa mendatang.

Sementara itu, sambutan Pangkoarmada I yang dibacakan Wakatim Kolat Koarmada I Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto menyampaikan bahwa Gladi Tugas Tempur Pangkalan pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mendapatkan keserasian antara kesiapan teknis, kesiapan personel dan juga perangkat lunak, sebagai sarana pengecekan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.

Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat-I/P-1 dan Tingkat-II/P2 ini bertujuan untuk melatih keterpaduan Komando, kendali, komunikasi antar personel dan kerjasama taktis di lapangan serta untuk meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam satu satuan tugas operasi. Kepada para peserta latihan sekalian, saya berharap agar melaksanakan latihan ini dengan penuh kesungguhan, disiplin dan tanggung jawab sehingga tujuan serta sasaran latihan dapat tercapai. Saya ingatkan juga, perlunya tindakan purba jaga yang professional guna mencegah terjadinya kerugian personel dan materiil dengan melaksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa perkenankan yang ingin saya sampaikan kepada seluruh peserta, yaitu tingkatkan terus profesionalisme, pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki selama ini dan laksanakan Uji Terampil Glagaspur dengan penuh semangat dan penuh tanggung jawab serta utamakan Zero Accident dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

(Pen Lanal Bandung)

RN/sayim/red

Pos terkait