Kejurnas Silat Piala Kasad Di hadiri Dandim 0621/ Bogor

refubliknews.com, – Kabupaten Bogor – Ratusan Peilat mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) 2024.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan rasa bangganya atas tingginya antusiasme peserta kejuaraan dimaksud yang mencapai ribuan orang, termasuk atlet-atlet dari luar negeri.

Hal tersebut diungkap Kasad saat membuka secara resmi Kejurnas yang digelar di GOR Laga Tangkas, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (27/9/2024).

“Hari ini saya membuka Kejuaraan Nasional Pencak Silat Piala Kasad. Syukur Alhamdulillah, antusiasme atletnya sangat besar. Terdapat 3.004 atlet yang mengikuti kejuaraan ini, termasuk atlet dari Perancis, Amerika Serikat, Belanda, dan negara lainnya,” ungkapnya.

Acara pembukaan kejurnas itu berlangsung meriah dengan dihadiri Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) serta sesepuh Pencak Silat Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya.

Kasad menegaskan pentingnya Kejurnas ini sebagai wadah pembinaan dan pengembangan bakat-bakat muda dalam cabor pencak silat.

“Apalagi kejuaraan ini bukan semata ditujukan untuk mencari juara, melainkan juga untuk menanamkan nilai-nilai persatuan, disiplin, dan sportivitas khususnya di kalangan atlet muda,” tandasnya.

3.004 pesilat yang mengikuti kejuaraan berasal dari berbagai kategori, mulai dari TNI-Polri, atlet umum, hingga mancanegara.

Rinciannya meliputi 32 pesilat TK/PAUD, 923 pesilat SD, 779 pesilat pra-remaja, 613 pesilat remaja, 305 pesilat dewasa, dan 352 pesilat dari TNI-Polri. Keikutsertaan pesilat dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan luar negeri, menjadikan kejuaraan ini semakin bergengsi.

Event ini memberikan kesempatan bagi pesilat muda untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka di tingkat nasional, dan diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet baru berprestasi di kancah internasional nantinya. Piala Kasad yang diperebutkan dalam kejuaraan yang akan berlangsung 27 – 29 September 2024 ini, juga menjadi simbol kebanggaan dan kehormatan bagi setiap pesilat yang berhasil keluar sebagai juara.

Kasad berharap, Kejurnas Pencak Silat Piala Kasad ini menjadi momentum penting dalam perkembangan pencak silat di Indonesia, serta semakin memperkuat posisi pencak silat sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang diakui dunia.

sumber / agus

RN/sayim/red

Pos terkait