Promosi Doktor Ilmu Politik, Saan Mustopa Paparkan Disertasi Tentang Surya Paloh

refubliknews.com,- Bandung | Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa melaksanakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Politik di Universitas Padjajaran (Unpad), Kota Bandung. Uniknya, dalam sidang terbuka tersebut, Saan Mustopa memaparkan terkait penelitiannya tentang Surya Paloh.

Saan menyebut, penelitian yang dilakukan tentang Surya Paloh disebabkan dirinya memiliki kesempatan berinteraksi baik secara formal maupun informal dengan Ketua Umum Partai Nasdem tersebut.

“Saya mendapatkan pandangan-pandangan dari Pak Surya. Bukan hanya bagaimana mengatur partai, mengelola partai, tapi saya punya pandangan-pandangan dari Pak Surya, terutama dalam pemikirannya,” ujar Saan Mustopa, usai sidang, pada Jumat, 26 July 2024.

Terkait pemikiran tersebut, Saan mengakui, pandangan dan pemikiran Surya Paloh sangat menarik jika dijadikan sebagai sebuah bahan diskusi. “Karena dia punya originalitas dan ini sangat konteksual gitu,” ucapnya.

Setelah memaknai dan memahami perspektif Surya Paloh, Saan menerangkan, dirinya meminta izin untuk membuat disertasi terkait Surya Paloh.

“Alhamdulillah, bisa karena originalitas pikiran-pikiran Pak Surya itu sangat konteksual, dan sangat dibutuhkan pada era seperti hari ini,” terangnya.

Saan menuturkan, secara pribadi Surya Paloh sangat egaliter, tidak berjarak sehingga sangat berkesan. “Dengan Pak Surya kapan saja bisa. Situasi apapun,” tuturnya.

RN/ Raffa Christ Manalu /red

Pos terkait