Apical Lanjutkan Aksi Penanaman 3.500 Mangrove Untuk Jakarta di Hari Mangrove Sedunia

refubliknews.com, – Jakarta, Apical Grup, sebagai industri pengolah lemak dan minyak nabati berkelanjutan, melalui PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ), Marunda Jakarta Utara pada hari ini melakukan aksi penanaman 3.500 mangrove untuk Jakarta, di dua (2) lokasi, yakni di Blok Elang Laut – Pantai Indah Kapuk (PIK), Kecamatan Penjaringan dan Hutan Kota Rorotan, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, dalam rangka meningkatkan perwujudan kerjasama dan memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli setiap tahunnya.

Apical secara berkelanjutan berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam hal rehabiliasi mangrove yang ditargetkan mencapai total 600.000 hektar secara nasional hingga tahun 2024. Selain menahan abrasi, mangrove juga berfungsi menyimpan karbon yang dapat mereduksi emisi karbon di atmosfer, tempat pemijahan biota laut, mendukung perekonomian masyarakat dan dapat menjadi sarana edukasi serta pembelajaran terkait pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan wujud dari Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Disparhut) dengan PT AAJ tentang Perlindungan Keanekaragaman Hayati dan Pemberdayaan Masyarakat di Hutan Kota Wilayah Provinsi DKI Jakarta serta kolaborasi dengan kelompok tani hutan mangrove.

Mohammad Ridwantoro selaku Safety, Health. and Enviroment (SHE) PT AAJ, menyatakan, “Pada momentum Hari Mangrove Sedunia, kami melakukan aksi penanaman 3.500 mangrove di dua (2) lokasi, yakni 3.000 mangrove di Blok Elang Laut, PIK dan 500 mangrove di Hutan Kota Rorotan – Jakarta Utara.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu perwujudan dari komitmen keberlanjutan Apical 2030, yang termasuk dalam pilar kedua yakni Aksi Iklim yang bertujuan untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya”, tambahnya

Kepala Satuan Pelaksana Taman dan Hutan Kota Kecamatan Cilincing, Mardanus Pasaribu, yang juga turut menghadiri kegiatan penanaman di Hutan Kota Rorotan, Cilincing, mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi Apical yang secara konsisten melestarikan ekosistem mangrove.

“Kami sangat mengapresiasi PT AAJ atas kontribusinya dalam melestarikan ekosistem mangrove melalui aksi penanaman yang telah dilakukan secara berkelanjutan, khususnya di wilayah kami di Cilincing Jakarta Utara, Kami berharap perusahaan lainnya untuk dapat turut aktif melestarikan ekosistem mangrove, tutur Mardanus.

Selama empat tahun terakhir, Apical Marunda secara aktif dan progresif melakukan aksi penanaman mangrove di pesisir Jakarta Utara dengan total telah mencapai penanaman 17.100 mangrove dan diharapkan akan jadi meningkat pada tahun- tahun berikutnya.

Kegiatan aksi penanaman mangrove juga akan dilakukan oleh Apical melalui unit bisnisnya di Dumai, Riau pada Agustus 2024 mendatang, sebagai bentuk komitmen Apical dalam melestarikan ekosistem mangrove di seluruh wilayah operasional Apical.

RN/M. Fidri/red

Pos terkait