Tindak Lanjut High Level Meeting TPID Provsu, Pj Bupati Tapteng Instruksikan Jajaran Lakukan Kegiatan Riil Yang Akseleratif Dalam Rangka Pengendalian Inflasi.

refubliknews.com,
MEDAN-Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH menghadiri acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), pada Selasa (23/07/2024).

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga komoditas bahan pangan pokok strategis di Sumatera Utara.”

Pj. Gubernur Sumatera Utara
Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si dalam Sambutannya, pada hari ini kita bersama-sama menyatukan pandangan, menyatukan langkah mengikuti High Level Meeting TPID dan juga sekaligus Pencanangan Gerakan Serentak Penanganan Inflasi di Sumatera Utara. Kita tahu bahwa penanganan Inflasi perlu kita tangani dengan serius, kita perlu fokus karena penanganan Inflasi merupakan tanggung jawab kita bersama.

Pj Gubernur Sumatera Utara menegaskan, kita perlu menjadikan Inflasi sebagai Fokus utama kita dalam Penanganannya seperti pada saat kita menangani Covid 19, kalau kita kompak, kita bersama-sama mampu mengatasi Inflasi di Sumatera Utara. Disisi lain kerjasama antar daerah perlu terus kita Optimalkan, serta mengajak peran serta dari pihak swasta untuk ikut bersinergi dalam menangani Inflasi ini.

Menanggapi beberapa Hal yang disampaikan oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara, maka Pj. Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, akan melakukan beberapa langkah konkrit di Kabupaten Tapanuli Tengah, dengan Melakukan beberapa Langkah menangani Inflasi dan untuk menjaga Stabilitas Ekonomi dan Harga Pangan serta ketersediaan bahan Pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selanjutnya Pj Bupati menjelaskan sebagai Tindak Lanjut High Level Meeting TPID Provsu, menginstruksikan Jajaran melakukan Kegiatan Riil Yang Akseleratif dalam rangka Pengendalian Inflasi, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

-Mengadakan Kegiatan Pasar Murah, Pangan Murah, Tanam Cabai

-Melaksanakan Gerakan Pasar Murah/Pangan Murah setiap bulan sekali sampai dengan bulan Desember

-Menugaskan Dinas pertanian laksanakan gerakan tanam serentak cabai

-Melakukan koordinasi Intensif dan Simultan dengan BI, Bulog, Distributor, Pemprovsu, Badan Pangan dan stakeholder lainnya yang berkaitan dengan penanganan Inflasi.

Turut hadir Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Perum Bulog Sumut, serta Para Bupati dan Wali Kota se-Sumatera Utara, Inspektur Tapteng, Plt. Kadis Perdagangan Tapteng, Kadis Ketahanan Pangan Tapteng dan Kabag Ekbang Tapteng.

RN/Sefri F.Siahaan/red.

Pos terkait