Apel Disiplin ASN Jadi Momen Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Soal Kebersihan dan Netralitas

refubliknews.com,- Purwakarta | Kegiatan Apel Disiplin ASN dipimpin langsung Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-193 dan Kabupaten Purwakarta ke-56 yang digelar di Taman Pasanggrahan Padjadjaran, Komplek Pemkab Purwakarta, pada Rabu, 17 July 2024.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan mengingatkan para ASN dilingkup Pemkab Purwakarta agar bersama-sama menjaga kebersihan dan kerapian diri dilingkungan kerja masing-masing.

“Berpakaian sesuai dengan aturan, lengkap dengan atribut-atributnya. Mungkin ini hal sepele, tapi kalau kita berpakaian selaku ASN dan dilihat oleh publik tidak sesuai dengan aturan dan lain sebagainya, kalau saya akan merasa malu. Saya berharap rasa yang sama juga dimiliki oleh bapak dan ibu ASN di Purwakarta,” ucap Benni Irwan.

Ia mengatakan, kebersihan dan kerapian harus menjadi perhatian bersama. Sebab, hal ini berkaitan erat dengan kesehatan. Berkaitan dengan disiplin waktu, ASN sudah punya aturan, mulai kerja jam berapa, dan harus meninggalkan kantor jam berapa.

“Kalau bapak dan ibu ada kepentingan dan keperluan, tolong izin sama atasan,” katanya.

Sebagai abdi negara yang melayani dan mengayomi masyarakat, ASN yang BerAKHLAK adalah ASN yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai pelayanan, akuntabilitas, kompetensi yang tinggi serta berdaya saing.

Harmonis dalam bekerjasama, loyal terhadap tugas dan visi bersama, adaptif dalam menghadapi perubahan, serta kolaboratif dalam membangun sinergitas antar unit kerja dan masyarakat. ASN tentunya dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk lebih meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan yang diberikan ke publik.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyarankan agar kita perlu terus meningkatkan upaya-upaya, baik itu melalui pelatihan, melalui pembelajaran yang lain-lain secara berkelanjutan agar kita betul-betul menguasai kemajuan teknologi informasi. Ini yang akan bisa membantu kita melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Benni, menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang, netralitas ASN menjadi hal yang perlu diperhatikan dan perlu dijaga bersama-sama.

“ASN harus tetap netral dan profesional dalam melaksanakan tugas agar integritas lembaga pemerintah tetap terjaga dan proses demokrasi dapat berlangsung dengan baik,” tuturnya.

Pj Bupati juga meminta dukungan dari ASN di Kabupaten Purwakarta untuk memastikan proses Pilkada berlangsung dengan aman dan lancar. Sebab, ini tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU saja. Suksesnya pelaksanaan Pilkada menjadi tanggung jawab bersama, termasuk ASN yang berada di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi, ada PR tambahan buat kita bisa memastikan apakah itu dengan mengajak, menjaga agar tanggal 27 November 2024 itu proses Pilkada berjalan dengan aman dan lancar,” demikian Benni Irwan.

RN/Raffa Christ Manalu/red

Pos terkait