Prajurit Satlinlamil 3 Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Khidmat

refubliknews.com,
TNI AL, Makassar,- Prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 dengan penuh khidmat ikuti jalannya Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2024, bertempat di Lapangan Apel Mako Satlinlamil 3, Jalan Teuku Umar, Makassar, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Satlinlamil 3 Kolonel Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T., M.Si., M.Tr. Hanla., memimpin secara langsung pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” diikuti oleh Prajurit Satlinlamil 3 baik Perwira, Bintara, Tamtama, dan ASN.

Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila RI Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, M.A., PH.D., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Satlinlamil 3 selaku Irup menyampaikan bahwa pada hari ini Sabtu tanggal 1 Juni 2024 kita Peringati Hari Lahir Pancasila, hari ketika bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945. Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan Suku, Agama, Budaya dan Bahasa.

Kita harus bahu membahu membumikan nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang besar.

Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan. Pancasila harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja bermanfaat oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Sebagai Peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

(Satlinlamil 3)

RN/sayim/red

Pos terkait