Peringati Hari Lahir Pancasila, Kapolres Jakut: Mari Amalkan untuk Indonesia Emas 2045

refubliknews.com, JAKARTA | Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan memimpin upacara hari lahirnya Pancasila di halaman Polres Metro Jakarta Utara, Sabtu (1/6) pagi.

“Peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini mengambil tema ‘Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045’,” kata Gidion.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, tema ini mengandung maksud bahwa pancasila dapat menyatukan semua perbedaan.

“Meski beda suku, agama, budaya, dan bahasa. Namun tetap satu tujuan. Yakni songsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ucapnya.

Patut disyukuri, sebagai bangsa yang majemuk, pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa indonesia. di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, royong. keberagaman nilai-nilai dan gotong yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “bhinneka tunggal ika”,” bebernya.

Gidion mengajak komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” tukasnya.

Ia meyakini, semangat pancasila yang kuat seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa indonesia akan dapat diatasi.

RN/Eman Sulaeman/red

Pos terkait