Pancasila: Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 – Kapolres Metro Bekasi Kota Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

refubliknews.com,
Bekasi, – Kapolres Metro Bekasi Kota, turut hadir dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kota Bekasi yang diselenggarakan di Lapangan Plaza Pemerintahan Kota Bekasi pada Sabtu, (01/6/2024). Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk PJ. Walikota Bekasi, Raden Gani Muhammad, S.H., MAP., Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Ahmad Saifuddaulah, S.H., M.pd, Dandim 0507/Bekasi, Kolonel. Arm. Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS, PLH Sekda Kota Bekasi, Dra. Hj. Dwie Andyarini Dian Arga, M.Si, serta Camat, Lurah, dan OPD se-kota Bekasi.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045“. Tema ini menekankan pentingnya Pancasila sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Dalam sambutannya, PJ. Walikota Bekasi dalam amanat tertulisnya menekankan bahwa Pancasila merupakan anugerah Tuhan yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia, yang mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ujar PJ. Walikota Bekasi. “Dalam momentum ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan Nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan.”

Amanat tersebut juga menekankan pentingnya peran Pancasila sebagai filter dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi yang pesat. Pancasila diharapkan dapat menjadi penuntun bagi bangsa Indonesia agar tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegas PJ. Walikota Bekasi.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Bekasi menjadi momentum penting untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai Pancasila dalam membangun bangsa yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Acara ini diharapkan dapat memompa semangat seluruh komponen bangsa untuk terus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

RN/Roberd Efendi Pasaribu/red

Pos terkait