Danlantamal I Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

refubliknews.com,
TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., beserta Forkopimda Sumatera Utara, Wadan Lantamal I, dan para Pejabat Utama Lantamal I menghadiri Upacara Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2024, dipimpin oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, bertempat di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (01/6/2024).

Pj. Gubernur Sumatera Utara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk bangsa Indonesia. Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Pada waktu yang bersamaan, Lantamal I juga melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Inspektur Upacara Komandan Satrol Lantamal I Letkol Laut (P) Risnanto Putro, M.Tr. Opsla., CHRMP., mewakili Danlantamal I, dan diikuti seluruh Personel Lantamal I dan Prajurit Yonmarhanlan I bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I.

(Dispen Lantamal I)

RN/sayim/red

Pos terkait