Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purwakarta Launching GNSTA, Asep Supriatna: Arsip Kita Untuk Kita

refubliknews.com,-Purwakarta | Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menggelar acara launching Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Disarpus Purwakarta, pada Senin, 27 Mei 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Purwakarta, Benny Irwan dalam sambutannya mengatakan, dirinya sebagai Pj Bupati Purwakarta saat ini mengemban tugas yang diberikan oleh kementerian dalam negeri, namun pada dasarnya dia di dalam tugas kesehariannya di kementrian adalah sebagai kapuspen yang salah satunya membidangi tentang perpustakaan dan kearsipan nasional.

Menurutnya, dia merasa bersyukur ditugaskan di kabupaten Purwakarta karena aparatur pemerintah daerahnya yang tidak henti-hentinya mengadakan terobosan dan ide-ide yang sangat brilian untuk kemajuan daerahnya.

“Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh dinas arsip dan perpustakaan kabupaten Purwakarta yang dikomandani oleh saudara Asep Supriatna, kreativitas yang dilakukan sangatlah banyak, ditangan beliau, perkembangan dan kemajuannya Disarpus kabupaten Purwakarta sangat bagus sekali,” kata Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan kabupaten Purwakarta, Asep Supriatna mengatakan, kearsipan di sebuah negara maupun daerah sangat memegang peranan sangat penting bagi peradaban,

“Arsip menjadi pedoman untuk masa depan sebuah negara maupun daerah, arsip juga bisa menyambungkan peradapan dari masa lalu untuk peradapan masa depan,” kata Asep.

Ia menyebut, kedepan arsip harus bermanfaat untuk semua, baik untuk pemerintah daerah itu sendiri maupun bagi masyarakat banyak,

“Selama ini banyak yang berfikir arsip hanya bermanfaat untuk internal saja kususnya bagi pemerintah daerah, namun dengan adanya gerakan sadar arsip sekarang saya ingin arsip bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Oleh sebab itu, tema dari gerakan ini adalah “arsip kita untuk kita” maka dari itu, masyarakat juga berhak tau bahwa keberadaan arsip bisa menambah pengetahuan dan wawasan untuk masyarakat tentang masa lalu, masa kini dan masa depan. Suatu peradapan sebuah negara maupun daerah,” ungkapnya.

Dalam kegiatan acara launching GNSTA tersebut turut dihadiri, diantaranya Sekda Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha, dan seluruh kepala OPD dan para camat di lingkungan Pemkab Purwakarta.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait