Presiden Jokowi Tegaskan Urgensi “STEAM” Dalam Pembelajaran di Akademi Militer

refubliknews.com, Magelang | Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya materi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) bagi pembelajaran di militer. Untuk itu, Akademi Militer (Akmil) harus dapat beradaptasi dengan disrupsi dan perubahan teknologi yang begitu cepat.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah, pada Senin 29 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, Menkomarves, Luhut B Panjaitan, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, serta para pejabat negara lainnya seperti, Kasal, Kasau, Kapolri, Ketua Komisi I DPR RI dan para sesepuh Angkatan Darat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengurai, bahwa alasan Akmil harus segera beradaptasi, didasari pada kondisi landscape ekonomi global saat ini yang terus bergerak dan berubah, demikian pula dengan landscape politik global dan dinamika teknologi yang pesat.

“Akademi Militer harus mampu dan mau menyesuaikan diri dengan disrupsi dan perubahan teknologi. Oleh sebab itu, STEAM dalam pembelajaran militer sangat diperlukan. Hari ini saya senang bisa bertemu di Akmil Magelang, di Lembah Tidar, kawahnya para prajurit TNI terbaik dari Angkatan Darat, tempat menempa mental, intelektual dan ketangguhan,“ kata Presiden.

Jokowi berpendapat, bahwa pembangunan Graha Utama Akmil seluas 8.068 meter persegi ini, akan memberikan dorongan belajar yang lebih baik lagi. Karena sarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, canggih dan modern serta dapat digunakan untuk pusat kegiatan akademis maupun acara militer.

“Saya berharap, dengan penambahan fasilitas pendidikan ini, Akmil Magelang akan semakin maju dan menghasilkan banyak prajurit tangguh dan profesional yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa demi kemajuan Indonesia,“ harapnya.

Sebagai informasi, Graha Utama Akmil dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan menjadi simbol keberlanjutan pembangunan dan modernisasi di sektor pertahanan Indonesia. Langkah ini juga menunjukkan perhatian yang komprehensif untuk memastikan bahwa lingkungan pendidikan di Akmil Magelang mendukung kemajuan serta berorientasi pada kualitas para calon perwira TNI AD nantinya.

Usai peresmian, Presiden Jokowi langsung menandatangani prasasti peresmian gedung Graha Utama Akmil sebagai simbolis diresmikannya penggunaan gedung tersebut serta dilanjutkan dengan acara makan siang bersama para Taruna Akmil.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait