Menko Airlangga Hartarto Didampingi Pj Bupati Subang, Tinjau Pelabuhan Patimban

refubliknews.com,
Subang | Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto didampingi Pj Bupati Kabupaten Subang, Dr. Imran dan Sekretaris Daerah (Sekda) H. Asep Nuroni melaksanakan Monitor dan Evaluasi Progres Pembangunan Proyek Strategis Nasional Pelabuhan Patimban, yang dipusatkan di KSOP Patimban, Subang, pada Rabu 24 Januari 2024.

Sesampainya di KSOP Patimban, Menko Perekonomian bersama Pj Bupati Subang, Kepala KSOP Patimban dan Dirjen Perhubungan Laut, langsung meninjau market Pelabuhan dan lokasi Paket 5, dimana lokasi tersebut dilaksanakan ekspor produk otomotif dari Indonesia.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam keterangan persnya menyampaikan, pelabuhan Patimban yang ada di Kabupaten Subang akan menjadi kawasan penyokong, karena letaknya yang sangat strategis ditengah kota-kota industri disekitarnya.

“Pelabuhan Patimban yang berada di Kabupaten Subang, menjadi penyokong industri di Bekasi, Karawang dan Purwakarta,” ujar Airlangga Hartarto.

Ia juga menyebut, pelabuhan Patimban telah mampu memenuhi, bahkan melebihi jumlah kendaraan yang di ekspor. Dimana di targetkan hanya 218.000, namun ditahun lalu telah berhasil mengekspor sebanyak 223.000 dari pelabuhan Patimban.

Selain itu, Airlangga juga menekankan pentingnya penyelesaian pembangunan Tol Cipali-Patimban untuk daya dukung kawasan pelabuhan Patimban.

“Dengan selesainya jalan Tol akses Cipali-Patimban, bisa langsung sampai ke pelabuhan. Karena akan menurunkan logistic cost kita,” ucapnya.

Dalam kegiatan monitoring tersebut, juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI, jajaran Kemenko Perekonomian, jajaran KSOP Patimban, Anggota DPRD Subang, Forkopinda Subang serta tamu undangan lainnya.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait