Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 Usung Tema: ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’

refubliknews.com,
Purwakarta | Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di gelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat di Taman Pasanggarahan Padjajaran, Komplek Alun-Alun Pemkab Purwakarta, pada Minggu 1 Oktober 2023.

Agenda upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut, diikuti oleh jajaran Forkopimda Purwakarta, para Staf Ahli Bupati, Asisten Daerah, Kepala Perangkat Daerah, para Camat se-Purwakarta dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan menyebut, Kabupaten Purwakarta diketahui memiliki slogan ‘Istimewa’ dari dokumentasi, konteks Purwakarta Istimewa ternyata menyimpan nilai-nilai dalam butir-butir Pancasila. Ia juga mengatakan, termasuk bagaimana menerapkan nilai-nilai diberbagai aspek kehidupan bermasyarakat.

“Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, makna yang bisa kita ambil adalah kita harus dapat menyakini bahwa nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila itu sangatlah kuat dan mengakar bagi kehidupan masyarakat Indonesia secara umum,” kata Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan, kepada awaq media usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pada Minggu 1 Oktober 2023.

Benni menjelaskan, peringatan ini juga merupakan momen bersejarah setelah Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Terjadinya pemberontakan G 30/S/PKI pada tahun 1965 yang ingin menggantikan ideologi bangsa indonesia yakni, ideologi Pancasila.

Selain itu, lanjut Benni, terdapat juga berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencoba menggoyang kekuatan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat. Namun, berkat rahmat Allah dan kebersamaan seluruh elemen bangsa ini, upaya-upaya untuk mengganti nilai-nilai luhur yang disebut ideologi itu tidak pernah bisa tercapai.

“Kini dan kedepan, kewajiban kita semua untuk menjaga nilai-nilai Pancasila semakin kuat dan mengakar, kuat dalam kehidupan kita, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Benni juga berharap, Pancasila bisa tetap menjadi pegangan semua elemen bangsa ini, dan dari situlah kita bergerak bersama untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Purwakarta.

Hari Kesaktian Pancasila, kata Benni, di peringati setiap 1Oktober, hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri/Panglima Angkatan Darat, yaitu Kep. 977/9/1966.

“Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2023 ini, adalah ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju,” ungkap Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

RN/raffa christ manalu/red

Pos terkait