TNI AL Lanal Lhokseumawe Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI AL Tahun 2022

refubliknews.com,
Aceh Utara,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI AL Tahun 2022, yang dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, yang dilaksanakan di Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA KM.2, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (12/09/2022).

Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September tersebut, pada tahun 2022 ini digelar secara sederhana dan khidmat diseluruh jajaran satuan di TNI AL dan terpusat di Ksatrian TNI AL Pondok Dayung Jakarta Utara. Peringatan HUT Ke-77 TNI AL tahun ini mengusung tema “TNI AL Yang Propesional Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menyampaikan bahwa peringatan HUT TNI Angkatan Laut yang digelar setiap 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya Bangsa Ini.

Sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehiduan bangsa Indonesia, kelangsungan sebagai bangsa maritim membutuhkan Angkatan Laut yang modern, profesional dan tangguh dalam merespon tantangan yang ada. Untuk itu TNI Angkatan Laut selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan angkatan laut ke depan, tentunya hal tersebut harus selaras dengan kesejahteraan prajurit melalui fasilitas pendidikan, perumahan prajurit dan fasilitas ibadah.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa berbagai terpaan dan ujian telah dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu mampu bangkit berdiri tegak lebih kuat dari sebelumnya. Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang tidak pernah jatuh dalam menghadapi ujian dan tantangan, namun bangsa yang ketika jatuh mampu bangkit berdiri lebih kuat seperti halnya pelaut yang tangguh bukanlah pelaut yang tidak pernah mabuk laut bila menghadapi badai dan gelombang namun pelaut yang bila mabuk laut ia tetap berdiri tegak memegang kemudi membentangkan layar menghadapi badai yang menghadang. “Pulihlah Indonesiaku, Bangkitlah Lebih Kuat, Jayalah selalu TNI Angkatan Laut”.
Dirgahayu TNI Angkatan Laut Ke-77

“Jalesveva…Jayamahe…!!!, pungkas Kepala Staf Angkatan Laut mengakhiri amanat.

Usai pelaksanaan Upacara dilanjutkan acara syukuran dan pemotongan tumpeng oleh Danlanal Lhokseumawe didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJAI Ny. Indri Dian Suryansyah dan potongan pertama diberikan kepada prajurit termuda di Lanal Lhokseumaw Kld Bah Andre Sanjaya.

Pada rangkaian perayaan HUT TNI Angkatan Laut ke-77 Tahun 2022 ini Lanal Lhokseumawe telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya Donor darah dan khitanan massal, Gerakan Nasional Laut Bersih, Gerakan Nasional Penanaman Sorgum dan Ziarah Rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Blang Panyang Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Upacara peringatan HUT Ke-77 TNI AL, melibatkan Pasukan Upacara, pleton Perwira, pleton bersenjata Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Lhokseumawe.

Turut hadir dalam Peringatan HUT TNI AL ke 77 di Mako Lanal Lhokseumawe tersebut, Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahrizal, Pjs. Pasops Kapten Laut (P) Bambang Priambodo, Pjs. Pasminlog Kapten Laut (T) Aswandi J, Ka. Akun Kapten Laut (S) Johan Ruslianto, Perwira Staf, Danposal, dan Purnawirawan TNI AL yang berdomisili di Wilayah kerja Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

RN/indah/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *