Relawan Hilal Merah Islam Buka Posko Banjir Bandang Purwasari Leuwiliang

refubliknews.com,
Kabupaten Bogor – Jawa Barat,

Kepedulian terhadap sesama adalah sikap yang ditunjukan untuk mampu memahami kondisi dari orang lain, ikut merasakan kesulitan orang lain, dan membantu membangkitkan ketika seseorang mengalami kesulitan yang sedang mendapatkan musibah. Karena hal inilah HILMI merasa terpangil dan peduli terhadap sesama. Organisasi HILMI berkantor sekretariat di Kampung Pabuaran Rt.04/ Rw.05 Desa Cikopomayak Kecamatan  Jasinga, Kabupaten Bogor-Jawa Barat.
Dalam kesempatannya awak media dapat bertemu dan berbincang-bincang bersama Ketua HILMI PW Kabupaten Bogor Muhammad Adrik Mansyur Mz, atau yang biasa disapa Umam. Umam menceritakan pengalamanya kepada awak media. Rabu, (29/06/2022).

” Saat itu saya mendapatkan kabar atau info  dari salah satu media, saya langsung meluncur ke lokasi untuk melihat situasi dan kondisi disana,dan pada tanggal 24/06/2022 kita langsung membuat posko induk disana,  di Kampung Muara Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Kami bermalam di sana selama tiga hari, infonya ada 2 korban yang sudah ditemukan satu korban selamat, dan ada satu korban lagi yang hilang dan belum ditemukan saat itu,  atas nama Umar bin Ahmad  usia 42 tahun.
“Alhamdulillah atas izin Allah Hilmi Kabupaten Bogor dan Banten saat itu turun langsung, sekitar jam 06.00 pagi kami start dan alhamdulillah atas izin Allah, jasad korban akhirnya  ditemukan oleh tim HILMI PRI dan masyarakat.” ujar Umam.

“Kami memberikan berupa bantuan sembako kepada masyarakat,sekaligus  merealisasikan air bersih dengan melakukan pemasangan instalasi air bersih menggunakan material paralon sepanjang 1.500 meter dari titik mata air, kemudian kita alirkan ke masjid, mushola dan rumah-rumah penduduk, kita tau bahwa warga sangat membutuhkan air bersih.”papar Umam.

Lebih lanjut Umam menjelaskan ,” Setelah itu kami pindah pos induk, menuju Desa Purwasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.  Kami buat posko induk disana, disana ada 125 rumah penduduk  yang terdampak dan belum tersentuh sama sekali bahkan untuk sembako pun belum ada.” terangnya.
Disana kami buat juga dapur umum untuk  makan  warga dan  para relawan. Alhamdulillah setiap harinya tidak kurang dari 70 orang relawan yang hadir secara bergantian, guna membantu tim yang memasak dari MPI.dan  tim yang membantu membersihkan rumah warga itu dari relawan PRI dan ada juga tim medisnya.

Rencana selanjutnya InsyaAllah kami akan memasang saluran pipa sepanjang 1700 meter, dana bantuan ini atas kerjasama dari 212 dan swadaya dari para relawan, para dermawan, dan para donator pribadi.
Untuk di wilayah di Kecamatan Leuwiliang kami memberikan bantuan kitab suci alquran sebanyak 200 paket untuk Ponpes Al-Insyirah, karena kitab suci alquran nya rusak parah selain daripada itu kami juga memberikan paket sembako kepada warga ke setiap rumah itu mendapat sembako dan satu Kitab Suci Al- Quran.
” Alquran untuk dibaca dan Insyaallah akan mendatangakan keberkahan.
HILMI dalam waktu dekat segera akan mengirimkan bantuan berupa 10 unit mobil ambulans dalam program kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan dan obat-obatan secara gratis kepada warga masyarakat yang terdampak,” pungkasnya.

RN/edo lembang/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan