Sebanyak 70 Ribu Warga Jakarta Hadir Dalam Malam Puncak Jakarta Hajatan Ke-495

refubliknews.com,
Jakarta,- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merayakan malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 di Jakarta Internasional Stadion (JIS), Sabtu (25/6) malam. Sebanyak 70 ribu warga Jakarta ikut hadir pada acara ini.

“Untuk yang semua yang hadir di sini, Anda semua menjadi bagian dari sejarah. Untuk pertama kali ulang tahun Jakarta dirayakan di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Dan kali ini, untuk pertama kali juga, JIS boleh diisi hampir penuh. Bila sebelumnya acara di JIS hanya boleh menghadirkan sekitar 5 sampai 10 ribu orang, maka malam ini ada 60 sampai 70 ribu yang ikut hadir langsung, dan anda salah satunya,” kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Anies menambah diusianya yang ke-495, Jakarta saat ini adalah kota global, kota yang berdiri sejajar dengan kota-kota besar dunia lainnya.
“Ada beberapa faktor yang membuat Jakarta layak sebagai Kota Global. Pertama, fasilitas publik yang yang setara dengan kota-kota dunia lainnya, dimana bila warga asing datang ke Jakarta, mereka bisa menemukan stadion berstandar internasional, gedung seni budaya berstandar internasional, stasiun dan halte berstandar internasional, trotoar berstandar internasional, pelayanan kesehatan berstandar internasional, transportansi publik berstandar internasional, dan masih banyak lagi. Yang kedua, karena pemanfaatan sistem dan teknologi digital yang maju dalam layanan publiknya. Ada JAKI, super apps yang berisi begitu banyak layanan publik, dan bahkan sangat membantu warga Jakarta melewati pandemi, ada juga Jaklingko yang berperan penting dalam kehidupan warga Jakarta, utamanya untuk layanan transportasi publik terintegrasi. Kemudian Jakarta adalah kota global karena berbagai event global diadakan di Jakarta. Alhamdulillah yang baru saja selesai dengan sukses kemarin, yaitu Formula-E. Pertama kali diadakan di Asia Tenggara dan langsung memecahkan rekor penonton terbanyak dalam sejarah Formula-E. Yang terakhir Jakarta adalah kota global karena pengakuan global yang diberikan untuk Jakarta. Salah satunya berhasil mendapat pengakuan sebagai kota dengan perkembangan transportasi publik terbaik dan mendapat juara Sustainable Transport Award 2021,” ungkapnya.

Anies mengatakan bahwa Warga Jakarta adalah warga global karena kerja dan karyanya yang tak hanya membanggakan bagi kotanya, tapi juga bagi negaranya.
“Izinkan saya dalam perayaan Jakarta Hajatan ke-495 ini menyampaikan terima kasih kepada semua yang tinggal dan berkarya di Jakarta, kepada seluruh warga Jakarta. Apalah arti sebuah kota, bila bukan orang-orangnya. Sesungguhnya perubahan Jakarta menjadi kota global adalah karena anda semua. Malam ini adalah persembahan untuk anda semua warga Jakarta. Terima kasih,” tuturnya.

RN/antoni/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan