Dalam Rangka HUT RI Ke-79, Kapolres Sibolga Irup Apel Kehormatan Dan Renungan Suci

refubliknews.com,
SIBOLGA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun 2024, telah dilaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sibolga Jalan Kamboja Kelurahan Simaremare Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (17/08/2024), sekira pukul 00.00 Wib.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK, dan di hadiri oleh Walikota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, Danrem 023/KS Kolonel Inf. Lukman Hakim, Dandim 0211/TT Letkol Inf. Jhon Patar H. Banjarnahor, Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Robyanto, SH, M.Tr.Hamla, Dansatradar 234 Sibolga Letkol Lek Alif Syaifuddin Rahman, Sekda Kota Sibolga Junaidi Tanjung, Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga Jamil Zebtumori, SH, MAP, Kakan Kesbangpol Kota Sibolga Ahmad Yani Nasution, Dirut PD. SINA Irwansyah Simanjuntak, PJ Korem 023/KS, PJ Kodim 0211/TT, PJ Lanal Sibolga, PJ Sutradara 234 Sibolga, PJU Polres Sibolga, Unsur Pimpinan OPD Kota Sibolga. Barisan Upacara dari Denpom 1/2 Sibolga, Barisan Korem 023/KS, Barisan Kodim 0211/TT, Barisan AL Sibolga, Barisan AU Sibolga, Barisan Polres Sibolga, Barisan Pol PP Kota Sibolga, Barisan BPBD Kota Sibolga dan Barisan Pramuka Sibolga.

Bacaan Lainnya

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan menjelang tanggal 17 Agustus sebagai bentuk Penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut sebagai Irup Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK, Perwira Upacara AKP Pennedi Sihotang, SH dan Komandan Upacara IPDA Erwin CA. Siahaan, SE. Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam Rangka Peringatan HUT Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 Kota Sibolga, berlangsung khidmat, diawali dengan Penghormatan kepada Arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan Penyalaan Obor dan Pembacaan Teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Inspektur Upacara.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Doa untuk para arwah Pahlawan, dan ditutup dengan penghormatan terakhir. Apel Kehormatan dan Renungan Suci dilaksanakan diseluruh wilayah di Indonesia tepat pada pukul 00.00 wib.

Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy, SH, SIK, MIK, bertindak selaku Inspektur Upacara menyatakan melalui acara renungan suci diharapkan dapat mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, terutama Pahlawan Kemerdekaan.

“Kami berjanji akan meneruskan perjuangan para Pahlawan. Untuk itu perjuangannya akan kami lanjutkan,” tegasnya.

Berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah, sehingga udara kebebasan dapat kita nikmati sampai saat sekarang,” kata Kapolres.

Kapolres menuturkan, melalui kegiatan renungan suci seperti itu dapat pula memberi pelajaran berharga akan pentingnya sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama manusia. Setiap perbedaan yang ada, merupakan anugerah yang sangat berharga.

Mari di HUT RI Ke-79 ini kita tingkatkan lagi rasa persaudaraan, jaga toleransi antar umat dan golongan, serta jauhi paham-paham radikalisme yang dapat merusak Ideologi Pancasila yang dapat memecah belah Bangsa,” pungkasnya.

RN/Sefri F.Siahaan/red

Pos terkait