Bersama Puteri Komarudin, Pj Bupati Purwakarta Resmikan Penggunaan 6 Ruas Jalan Pembiayaan DAK 2024

refubliknews.com,- Purwakarta | Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta resmikan 6 ruas jalan yang di biayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Tahun 2024. Peresmian penggunaan 6 ruas jalan ini dipusatkan di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, tepatnya dilokasi wisata ujung aspal, pada Jumat 18 Oktober 2024.

Dari pantauan awak media dilapangan, acara peresmian dihadiri Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Anggota DPR RI, Puteri Komarudin, Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, Forkopimda, para kepala OPD, Camat se-Kabupaten Purwakarta, para perangkat desa se-Kecamatan Kiarapedes, dan para tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan dalam sambutannya mengatakan, bahwa di tahun 2024 cukup banyak dukungan atau bantuan yang bersumber baik dari pemerintah pusat, maupun pemerintah provinsi untuk Kabupaten Purwakarta.

“Dukungan atau bantuan ini seperti adanya darah segar dan nafas baru, seperti diketahui, dari total anggaran yang dimiliki Pemkab Purwakarta memang sebagian besar masih dari dana transfer,” kata Benni.

Ia menyebut, adanya keterbatasan dari pemerintah daerah melalui pendapatan asli daerah (PAD) untuk melaksanakan tugas-tugas pembangunan, dan tugas-tugas pelayanan masyarakat. Namun, dengan adanya bantuan yang berasal dari anggaran pokok pikiran anggota DPRD Provinsi, dan DPR RI, terutama dari hasil kerja keras Puteri Komarudin ditingkat pusat, bisa melaksanakan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat. Baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan bidang-bidang lainnya.

“Terima kasih banyak atas perhatian, dukungan, dan bantuan yang ibu Puteri berikan kepada Kabupaten Purwakarta. Berkat hasil perjuangan ibu, sebanyak 6 ruas jalan di Purwakarta bisa dibangun dan sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah, dan masyarakat yang ada di Kabupaten Purwakarta. Kami tetap berharap, dimasa-masa yang akan datang, Kabupaten Purwakarta masih tetap ibu perhatikan. Dan tentu, kalau semakin banyak dana dari pusat datang ke Purwakarta, kami akan lebih senang menerimanya,” ujarnya.

Benni menjelaskan, penggunaan 6 ruas jalan yang diresmikan hari ini, yakni ruas jalan Gembong ke Lebakanyar, Desa Lebakanyar, Kecamatan Pesawahan. Ruas jalan Akar ke Tegalsari, dan ke Cisarua, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegalwaru. Kemudian, ruas jalan Situ ke Pondokbungur, Desa Tanjungsari, Kecamatan Pondoksalam. Ruas jalan Garokgek, Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes. Ruas jalan Pusakamulya ke Pasirmuncang, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, dan terakhir ruas jalan Cibatu ke Cibukamanah, Desa Cipancur, Kecamatan Cibatu.

“Pembiayaan pembangunan 6 ruas jalan ini bersumber dari DAK Penugasan Tahun 2024, hasil perjuangan ibu Puteri Komarudin,” jelasnya.

Menurut Benni, pembangunan 6 ruas jalan ini tidak hanya bermanfaat sebagai akses transportasi sehari-hari bagi masyarakat di Purwakarta, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat diluar Purwakarta untuk mendapatkan akses ke lokasi wisata ujung aspal. Selain itu, tentu memudahkan pengunjung lokasi wisata. Pembangunan jalan ini bisa meningkatkan ekonomi dari sektor wisata, memudahkan masyarakat membawa hasil pertanian, memudahkan pedagang melakukan transaksi perdagangan ke desa-desa yang lain diwilayah Kabupaten Purwakarta.

“Harapan kami, semoga di tahun-tahun yang akan datang, ibu Puteri masih berkenan membantu kami untuk pemenuhan infrastruktur lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Puteri Komarudin mengatakan, penggunaan 6 ruas jalan di Kabupaten Purwakarta yang diresmikan penggunaannya hari ini menelan anggaran sebesar Rp 17.63 miliar. Ini merupakan usulan yang dulu ia terima saat pemerintahan Ambu Anne dan Haji Aming, yang saat itu menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta.

“Saya yakin, koordinasi dan kerjasama yang baik antara legislator dan eksekutor ditingkat daerah itu menjadi sangat penting, agar program-program yang ada di pusat yang saya memiliki kewenangan untuk mengajukan nanti bisa terealisasi dengan baik ditingkat daerah, yang hasilnya bisa kita lihat pada hari ini,” kata Puteri.

Ke depannya, lanjut Puteri, bersama Pj Bupati Purwakarta beserta jajarannya, Puteri berharap bisa bersama-sama merealisasikan lebih banyak lagi program infrastruktur dan program lainnya yang bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Purwakarta. Dengan adanya perbaikan jalan yang dilakukan untuk tahun 2024 ini, tentu harapannya tingkat kemantapan jalan di Kabupaten Purwakarta bisa lebih baik lagi.

“Insyaallah pak Benni, kemantapan jalan bisa 100 persen, sehingga Purwakarta bisa menjadi salah satu Kabupaten percontohan untuk pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

RN/Raffa Christ Manalu/red

Pos terkait