Jaga Netralitas di Pemilukada 2024, Pemkab Tapteng Laksanakan Sosialisasi Netralitas ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa.

refubliknews.com,
PANDAN-Untuk menjaga Netralitas Aparatur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melaksanakan Sosialisasi Netralitas, ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa, dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, yang dilaksanakan di GOR Serbaguna Pandan, pada Senin (07/10/2024).

Sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Plh. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP, MM, mengawali Sambutannya titip salam Pj Bupati Tapteng Bapak Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH saat ini sedang melaksanakan Umroh di Tanah Suci Mekkah. Sesuai dengan Intruksi Bupati Tapanuli Tengah Nomor 800.1.6.2/ 3616 /2024, Tanggal 23 September 2024, Tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa dan Perangkat Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, untuk itu sebagai Aparatur Jaga Netralitas dan ciptakan Pemilukada Damai.

Lebih lanjut Plh. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP, MM menyampaikan, Sosialisasi ini merupakan Penegasan kepada kita semua dalam rangka pelaksanaan Pemilukada Tahun 2024, agar ASN, Kepala Desa dan Aparat Desa, untuk tetap menjaga netralitas, tidak berpihak kepada salah satu calon Kepala Daerah, apalagi saat ini sudah memasuki masa tahapan Kampanye yang telah dimulai sejak tanggal 25 September yang lalu.

Plh Bupati Tapteng menegaskan, kita sebagai Aparatur memiliki hak politik, tapi sesuai dengan aturan Perundang-undangan kita dilarang terlibat Politik Praktis, berpihak kepada salah satu Pasangan Calon Kepala Daerah, ikut kampanye, mengarahkan massa, apabila itu kita lakukan, maka akan diberikan sanksi, tidak hanya sanksi administrasi saja, tapi apabila melakukan Pelanggaran berat bisa dikenakan sanksi berat hukuman pidana sesuai dengan undang-undang penyelenggaraan Pemilu.

Diakhir sambutannya Plh. Bupati Tapteng mengajak seluruh Aparatur Pemerintah Tapteng untuk menjaga Netralitas, “Marilah bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab, jangan mau terlibat dan mau diajak untuk ikut dalam politik walaupun ada janji janji yang diberikan kepada kita.”

Adapun narasumber kegiatan ini
Kasat Reskrim Polres Tapteng AKP Arlin Parlindungan Harahap
Kasi Intel Kejari Sibolga Dedy Darmo Lanjar Tuah Saragih, S.H., M.H, Ketua Bawaslu Tapteng, Sinta Napitupulu, SE.

Turut Hadir Mewakili Kapolres Tapteng, Mewakili Kajari Sibolga, Ketua Bawaslu Tapteng, Komisioner dan Sekretaris KPU Tapteng, Para Asisten Setdakab Tapteng, OPD Tapteng, Para Camat, dan Kepala Desa dan BPD
se-Kabupaten Tapanuli Tengah.

RN/Sefri F.Siahaan/red

Pos terkait