Mewujudkan Pilkada 2024 Yang Aman Dan Sejuk, Forkopimda Tapteng Dan Forum Lintas Agama Adakan Focus Group Discussion.

refubliknews.com,
PANDAN- Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Kabupaten Tapanuli Tengah Dra Nurjalilah, menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Bersama Forkopimda dan Tokoh Lintas Agama, bertempat di Gedung Serbaguna Pandan Jum’at (20/9/2024).

Focus Group Discussion ini mengusung Tema “Peran Tokoh Lintas Agama Dalam Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2024, Yang Aman dan Sejuk di Kabupaten Tapanuli Tengah. “

Pj Bupati Tapanuli Tengah diwakili Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Kabupaten Tapanuli Tengah Dra Nurjalilah, mengawali sambutannya titip salam Pj Bupati Tapanuli Tengah yang sedang melaksanakan Tugas diluar kota. Dalam kesempatan itu Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Kabupaten Tapanuli Tengah
membacakan Sambutan Pj Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah menyampaikan, Dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2024, dimana Pemilihan Kepala Daerah salah satu Proses penting dalam demokrasi Indonesia, momen ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan dalam menentukan arah Kebijakan Pemerintah dan Pembangunan khususnya di kabupaten Tapanuli Tengah ini.

Lanjut Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Kabupaten Tapanuli Tengah, dalam konteks ini selain Pemerintah Daerah, Penyelenggaraan Pemilu dan Aparat Keamanan serta Tokoh Agama memiliki peran strategis dan sangat Signifikan dalam mewujudkan Pilkada yang Damai, Aman dan Harmonis. Oleh karena itu tokoh agama mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat Tapanuli Tengah yang beragam heterogen.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sangat mengharapkan Tokoh agama dapat memberikan edukasi politik kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing, untuk memahami proses demokrasi dan pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pilkada melalui Ceramah, Khotbah dan kegiatan Keagamaan lainnya, “Dengan demikian masyarakat akan lebih paham dan termotivasi untuk terlibat dalam proses demokrasi dengan cara yang positif dan konstruktif.”

Tokoh agama juga diharapkan dapat berperan dalam menyebarkan pesan perdamaian dan toleransi, dalam konteks Pilkada sering terjadi polarisasi dan konflik antar pendukung calon yang berbeda, disini selain aparat pemerintah dan tim keamananan serta penyelenggara Pilkada ,tokoh agama dapat memanfaatkan otoritas moral mereka untuk menyerukan Pentingnya menjaga ketentraman kedamaian dan menghormati perbedaan pilihan dengan menekankan ajaran-ajaran agama yang dianut penuh dengan kasih sayang dan rasa persaudaraan.

Menutup sambutannya Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Kabupaten Tapanuli Tengah mengatakan, pada kesempatan ini, Kami menyampaikan Pesan Bupati Tapanuli Tengah Bapak
Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, Mari kita bekerjasama mensukseskan dan menciptakan Pilkada Tahun 2024 yang damai dan harmonis di Tapanuli Tengah, yang digelar pada tanggal 27 November 2024, dengan sinergitas antara Pemerintah, TNI/Polri, Penyelenggara Pilkada dan Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda dan seluruh masyarakat Tapanuli Tengah.

Sebelumnya Kapolres Kabupaten Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK, MH menyampaikan, terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan ini bisa dapat terlaksana. Pemilihan Kepala Daerah merupakan salah satu proses Demokrasi yang harus dilaksanakan masyarakat dalam memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan, karena itu dalam hal pemilihan pasti ada perbedaan dimana hal tersebut tidak dapat bisa kita hindari namun kita berharap perbedaan perbedaan ini tidak menimbulkan perpecahan dan pertikaian ditengah tengah masyarakat, akan tetapi menjadi perekat dan persatuan, maka diharapkan terjalinnya kerjasama untuk menghasilkan Pilkada yang baik, dimana masyarakat dan Kita semua menginginkan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah berjalan aman damai sejuk tertib dan lancar.

Kegiatan ini turut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua MUI Tapteng, BKAG Tapteng, FKUB Tapteng, KPU Tapteng, Bawaslu Tapteng, KUA Kecamatan dan tamu undangan lainnya.

RN/Sefri F.Siahaan/red

Pos terkait