Syofyan Sekjen DPP Serikat Awak Kapal Transportasi Indonesia (SAKTI): ILO C-188 Merupakan Instrumen yang Sangat Penting Dalam Memberikan Kepastian Hukum Bagi Awak Kapal Perikanan Dalam Negeri Maupun Luar Negeri.

refubliknews.com,
JAKARTA – Serikat Awak Kapal Transportasi Indonesia (SAKTI) menggelar sosialisasi Konvensi ILO 188 kepada pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Banda Aceh dalam rangka memberikan pemahaman dasar terkait hak hak fundamentalis yang telah diatur dalam konvensi ILO 188. Kegiatan ini berlansung dimulai sejak 21-24 Agustus 2024.

Sekretaris Jendral SAKTI, Syofyan, mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai upaya mitigasi awal terjadinya kerja paksa di atas kapal perikanan. Khususnya yang melibatkan peserta magang.
“Perjalanan sosialisasi ini merupakan agenda SAKTI GOES TO CAMPUS yang telah direncana oleh SAKTI di wilayah Sumatera,” kata Syofyan yang akrab di panggil El Comandante, dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 Agustus 2024. Sebelumnya, kata dia, kegiatan itu telah dilakukan di Sumatera Utara yaitu kota Sibolga dan kota Padang,Painan serta Pariaman di Sumatera Barat.

Syofyan menjelaskan ILO C-188 merupakan instrumen yang sangat penting dalam memberikan kepastian hukum bagi awak kapal perikanan dalam negeri maupun luar negeri. Kerja Sama Seluruh Elemen Penting untuk Mengurangi Risiko Bencana NamuILO C-188 merupakan instrumen yang sangat penting dalam memberikan kepastian hukum bagi awak kapal perikanan dalam negeri maupun luar negeri. sayangnya, kata dia, Indonesia belum meratifikasi ini. Karena itu dia berharap sosialisasi tersebut dapat mencegah terjadinya kerja paksa di atas kapal ikan, terutama dalam progran-program magang sekolah.

“Kita sangat memahami ada ketidaktahuan sejumlah orang sehingga perlu untuk diperkuat, kita mulai dari bangku sekolah,” ujarnya. “ILO C 188 merupakan intrumen Internasional yang dapat melindungi para awak kapal perikanan namun sayangnya belum di ratifikasi di Indonesia.”ungkap Syofyan.

RN/Sefri F.Siahaan/red

Pos terkait