Benni Irwan Serahkan Penghargaan Kepada Anne Ratna Mustika Pada Peringatan Hari Pramuka ke-63 di Purwakarta

refubliknews.com,- Purwakarta | Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan bertindak sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purwakarta menyerahkan penghargaan Lencana Melati kepada Ketua Kwarcab Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Penyerahan Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Ketua Kwarcab Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan tiga orang lainnya tersebut diserahkan pada Upacara Hari Pramuka ke-63 yang digelar di Taman Pasanggrahan Padjadjaran Pemkab Purwakarta, pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Selain penyerahan Lencana Melati dari Kwarnas Gerakan Pramuka, juga dilakukan penyerahan penghargaan Lencana Karya Bakti, Lencana Pancawarsa I, Lencana Pancawarsa II, Lencana Pancawarsa III, Lencana Garuda Siaga, Lencana Garuda Penggalangan, dan Lencana Garuda Penegak kepada sejumlah penerima.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purwakarta, Benni Irwan mengaku sangat senang dapat menyerahkan Lencana Melati dari Kwarnas kepada Anne Ratna Mustika selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta dan beberapa pelaku Gerakan Pramuka di Purwakarta yang mendapatkan penghargaan lainnya.

“Saya sangat senang bisa menyampaikannya langsung pada saat upacara pagi hari ini,” kata Benni Irwan usai kegiatan.

Ia mengatakan, pada peringatan Hari Pramuka ke-63 tingkat Kabupaten Purwakarta dilaksanakan secara bersama-sama dengan menghadirkan seluruh pengerak-penggerak Pramuka yang ada di Kabupaten Purwakarta. Momentum ini bisa dijadikan untuk saling mengingatkan kepada semua pihak bahwa sesungguhnya Pramuka merupakan gerakan pendidikan non-formal yang bisa mempersiapkan anak-anak bisa melaksanakan kehidupan sehari-hari mulai dari kecil hingga besar penuh kedisiplinan.

“Saya ingin anak-anak di Purwakarta di masa-masa pendidikan mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi, dan saya yakin serta percaya melalui Gerakan Pramuka itu akan bisa dibentuk sejak dini,” ujarnya.

“Mudah-mudahan anak-anak kita ini akan diberi pemahaman yang kuat dengan disiplin yang tinggi bagaimana menghadapi setiap tantangan yang ada saat ini,” imbuhnya.

Benni menyebut, pada sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka yang ia bacakan saat upacara disampaikan, saat ini banyak persoalan yang dihadapi oleh anak-anak, seperti bullying, pornografi, pinjaman online, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, orangtua dan semua pihak diminta mendorong anak-anak untuk melek teknologi yang baik dari awal.

“Semoga dengan kegiatan ini anak-anak kita akan lebih baik ke depan untuk menyambut Indonesia Emas di 2045,” ungkap Benni Irwan.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna Mustika, atau yang akrab disapa Ambu Anne mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarnas, Ketua Kwarda, dan Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purwakarta atas kepercayaan yang diberikan hingga dirinya menerima penghargaan Lencana Melati pada peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 ini.

“Terima kasih kepada Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan selaku Kak Mabicab yang sudah menyerahkan penghargaan Lencana Melati kepada saya,” ujar Ambu Anne.

Ia menyebut, pada kegiatan hari ini, juga dilaksanakan Pesta Siaga yang diikuti kurang lebih 2.000 anak-anak TK se-Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini merupakan momentum yang baik dalam upaya terus menanamkan pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak di Purwakarta.

“Tadi disampaikan oleh Kak Kwarnas melalui sambutan yang dibacakan Kak Mabicab bahwa hari ini zaman digitalisasi yang membuat anak-anak kurang gerak dalam hal fisik. Nah, Gerakan Pramuka itu kegiatannya hampir 90 persen adalah fisik. Jadi, sangat baik untuk terus mendorong anak-anak supaya jasmaninya sehat, tapi juga karakternya kuat,” tandasnya.

RN/Raffa Christ Manalu/red

Pos terkait