Tingkatkan Iman dan Takwa, Personel Lanal Sabang Laksanakan Kauseri Agama

refubliknews.com,
TNI AL, Sabang,- Guna meningkatkan iman dan takwa personel di lingkungan Lanal Sabang, dilaksanakan Kauseri Agama secara rutin, bertempat di Masjid Ar-Rahman Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (21/06/2023).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Sertu Ttu Muhammad Noer, dilanjutkan tausiyah oleh Ustad Tengku Nurul Yaser dari Keunekai dengan tema ceramah “Udhhiyyah”.

Bacaan Lainnya

Dalam tausiyahnya Ustad Tengku Nurul Yaser menyampaikan bahwa Qurban berasal dari Bahasa Arab “yang berarti dekat. Kurban dalam Islam juga disebut dengan Udhhiyyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan, seperti unta, sapi, kerbau, dan kambing yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Ayat dalam Al-Qur’an tentang Kurban terdapat dalam Surah Al-Kausar ayat 1-3 “Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membecimu dialah yang terputus”.

Waktu penyembelihan hewan kurban adalah setelah Hari Idul Adha atau 10 Dzulhijjah sampai dengan sebelum terbenam matahari pada akhir hari Tasyrik atau tanggal 13 Dzulhijjah. Adapun cara pembagian daging kurban yang dianjurkan dalam Islam dan telah disepakati para ulama adalah dibagi menjadi tiga bagian, yakni 1/3 bagian daging kurban untuk yang berkurban dan keluarganya, 1/3 bagian untuk fakir miskin, dan 1/3 sisanya untuk disedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab, doa, dan Sholawat yang dipimpin oleh Ustad Tengku Nurul Yaser.

Turut hadir dalam kegiatan, Danlanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla, M.M., Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (T) Muhammad Akbar, S.T., Para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, dan PHL Lanal Sabang.

(Pen Lanal Sabang)

RN/andi/red

Pos terkait