Dorong Penurunan Angka Stunting Di Kota Sabang, Lanal Sabang Selaku Bapak Asuh Anak Stunting Wilayah Balohan Serahkan Tali Asih

refubliknews.com,
TNI AL, Sabang,- Guna mendorong penurunan angka stunting di Kota Sabang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang selaku Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) Wilayah Balohan, melaksanakan kegiatan pemberian tali asih kepada 48 keluarga yang terdampak stunting, bertempat di Kantor Keuchik Balohan, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Rabu (31/5/2023).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, sehingga pertumbuhan anak terlalu pendek untuk seusianya. Kekurangan gizi ini terjadi sejak bayi dalam kandungan, pada masa awal bayi lahir, akan tetapi kondisi stunting akan terlihat setelah bayi berusia dua tahun.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., menyampaikan bahwa Lanal Sabang mendapat tugas dan tanggung jawab sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Wilayah Balohan dengan jumlah sesuai data dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berecana Kota Sabang sebanyak 48 anak. Hal ini merupakan tugas mulia yang harus diemban dan dilaksanakan dalam penanganan stunting pada anak di Kota Sabang khususnya di Wilayah Balohan sehingga diharapkan dapat mengalami angka penurunan yang signifikan.

“Lanal Sabang selaku Bapak Asuh Anak Stunting Wilayah Balohan menghimbau kepada seluruh instansi terkait mari kita bekerja bersama-sama dengan memberikan kepedulian dan bantuan asupan gizi seimbang kepada anak penderita stunting agar penanganan stunting di wilayah Balohan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Danlanal Sabang.
Sementara itu, Pj. Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sabang bersama unsur Forkopimda sepakat terapkan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) guna mendorong percepatan penanganan dan pencegahan stunting di Kota Sabang.
“Program ini adalah gerakan bersama untuk mempercepat penurunan stunting yang akan menyasar langsung keluarga berisiko stunting yang ada di Sabang sehingga lebih efektif dan efisien, dengan harapan dapat menjadikan Kota Sabang yang sehat dan bebas dari stunting,” tutur Pj. Walikota Sabang.
Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan sosialisasi tentang imunisasi dasar lengkap dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih secara simbolis kepada perwakilan keluarga anak terdampak stunting.
Hadir dalam kegiatan, Pj. Walikota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si., Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla, M.M., Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (T) Muhammad Akbar, S.T., Karumkital J.Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I Ny. Ima Kustiani Son Haji beserta Pengurus, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Sabang, Kepala Puskesmas Balohan, Keuchik Balohan, Para Perwira, Bintara,Tamtama, dan PNS Lanal Sabang, serta Tamu Undangan.

(Pen Lanal Sabang)

RN/yanto/red

Pos terkait