Januari atau Februari partai PKS dan partai Demokrat akan Deklarasi Usung Anies di Pilpres 2024

refubliknews.com,
Jakarta Selatan,-

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendi Choirie, memastikan bahwa koalisi partainya dengan partai PKS dan partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

“partai PKS dan partai Demokrat solid untuk mengusung Anies (di Pilpres 2024). Di Akhir bulan Januari ini atau bulan Februari mereka deklarasikan Anies,” kata Effendi kepada para awak media, usai diskusi politik bertajuk “Golden Tiket PDI-P: Mega “Turun Gunung”? yang diselenggarakan Perhimpunan Orang Merdeka di Kopi Politik, Jakarta Selatan, Sabtu (07/01/2023).

Ia menjelaskan, soal Cawapres untuk Anies akan diputuskan kemudian karena waktu untuk memilih Cawapres masih cukup lama.

“Yang utama kita deklarasi dulu,” katanya

Sebelumnya, sejumlah kalangan meragukan bahwa koalisi partai Nasdem dengan partai PKS dan partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan akan terealisasi, karena meski partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies sejak awal (03/10/2022), tetapi hingga kini masih belum jelas kapan partai PKS dan partai Demokrat menyusul untuk mendeklarasikan Anies sebagai Capres yang akan mereka usung di 2024.

Keraguan itu mencuat karena, baik partai PKS maupun partai Demokrat menginginkan kadernya menjadi Cawapres pendamping Anies, sehingga diduga karena hal inilah kesepakatan untuk berkoalisi mendukung Anies belum tercapai.

Partai PKS menginginkan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sebagai Cawapres pendamping Anies, sementara Demokrat menginginkan ketua umum partai demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Cawapres Anies.

RN/edo lembang/red

Pos terkait