(Yusri.M, Sekjen fokus DPD RI, Selamat Bekerja Bang H.Marulloh Matali)

refubliknews.com,
Gambir – Jakarta Pusat,

(Yusri.M), ketika dihubungin awak media mengatakan, selamat atas terpilihnya abangda (H.Marullah.Matali) sebagai ketua majelis amanah persatuan kaum betawi, semoga semakin maju semakin solid semakin majemuk dan religius.” Ucap Yusri.M ketua team pemenangan kordinator provinsi DKI jakarta, dan juga ketua staff ahli anggota DPD RI Prof.Dr.Hj.Silviana murni.S.H.,M.Si.

Alhamdulillah, 2 Bamus Bersatu Jadi Majelis Amanah Kaum Betawi
Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi digelar di Balaikota provinsi DKI Jakarta, Jalan Medan, Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Dualisme Bamus Betawi berakhir, Keduanya melebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Deklarasi yang dilakukan di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Acara deklarasi diwarnai dengan sejumlah pertunjukan budaya Betawi, di antaranya :

  • Arak-arakan delman
  • ondel-ondel
  • Tanjidor
  • Berbagai macam penari Betawi.
  • dan komunitas betawi lainya yang bergerak ikut meramaikan acara deklarasi di Balaikota DKI jakarta.

Di delman – delman tersebut duduk para tokoh Betawi, yaitu Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad dan Ketua Umum Bamus Kaum Betawi 1982 H Zainuddin yang pada akhirnya organisasinya dilebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

Selain itu tampak juga tokoh-tokoh lainnya yang duduk di delman seperti : – Eks Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

  • Edi Marzuki Nalapraya
  • dan Nuri Thaher.

Setelah para tokoh dan Ketua umum kedua Bamus yang dilebur turun di depan pendopo Balaikota DKI jakarta, digelar acara budaya Palang Pintu dan dilanjutkan dengan deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta.

Berikut Tokoh -Tokoh atau pejabat dan perwakilan ormas yang menghadiri acara Deklarasi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi antara lain :

  1. Bpk Heru Budi Hartono Pj Gubernur DKI Jakarta
  2. Bpk Prasetyo Ketua DPRD DKI Jakarta
  3. Babe H Marulloh Matali Ketua Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi
  4. Babe H Zainudin (H Oding) Tokoh Betawi (Ketua Bamus Betawi 1982)
  5. Babe H Nuri Taher Tokoh Betawi
  6. Babe H Fauzi Bowo Mantan Gubernur DKI Jakarta (Tokoh Betawi)
  7. Bang Riano Tokoh Betawi (Ketua Bamus Betawi)
  8. Prof.H. Dailami Firdaus DPD RI Provinsi DKI Jakarta
  9. Prof.Dr.Hj. Sylviana Murni.S.H.M.Si.
    anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta dan juga ketua BKSP (badan kerjasama parlemen)
  10. H.Mohammad Ihsan. S.H.Ketua Umum DPP FORKABI – tegak lurus
  11. H.Abdul Ghoni ketua umum forkabi – satu komando
  12. Kembang latar se DKI Jakarta
  13. Sanggar – Sanggar kebudayaan Betawi
  14. CBBS (Cinta Budaya Betawi Sejabodetabek)
  15. Sanggar Si pitung
  16. Para pengurus FORKABI Sejabodetabek
  17. FBR
  18. LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi)
  19. Generasi Muda Forkabi
  20. Jawara Forkabi
  21. BPBF
  22. Wanita Forkabi
  23. Bpk Uus Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
  24. LAB – laskar adat betawi
  25. Ulama dan Habaib
  26. Pejabat Pemprov DKI Jakarta
  27. Tokoh – tokoh betawi lainya.

Deklarasi yang diawali dengan sambutan oleh ketua panitia deklarasi Ma’mun Amin, dan sambutan oleh Riano bersama Zainuddin.

Sekjen Bamus Betawi, M Ihsan mengucapkan rasa syukur yang mendalam lantaran kaum Betawi bersatu. “Alhamdulillah, Bamus Betawi dan Bamus 1928 bersatu,” kata M. Ihsan.

“Kesepakatan yang dihasilkan kita amanahkan pada Bapak (H.Marullah Matali) semoga Ke depannya potensi yang berada di Bamus Betawi akan melebur membawa majelis lebih baik,” ujarnya.

Dia mengharapkan, Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi bersinergi dengan Pemprov dan DPRD DKI Jakarta. “Kita butuh Penjabat (Pj) Gubernur dan DPRD DKI untuk menjadi pintu masuk membangun peradaban Betawi di Jakarta. Apalagi setelah Jakarta tidak lagi sebagai ibukota,” pungkasnya.

Sementara itu, Haji Oding (sapaan Zainudin) mengatakan, deklarasi hasil penyatuan Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 ini melalui proses yang cukup panjang, hampir 3 tahun.

“Siang malam kita berdiskusi. Akhirnya kita sepakat demi orang Betawi, keselamatan orang Betawi dan martabat orang Betawi, kami sepakat untuk bersatu dan mendirikan Majelis Amanat Persatuan Kaum Betawi. Kita akan merubah nasib Betawi menjadi lebih maju,” kata Haji Oding.

Ia juga mengatakan kalau pihaknya dan pihak Riano telah sepakat untuk mengangkat tokoh Betawi yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta, yakni Marullah Matali, untuk memimpin Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

Sementara deklarasi berlangsung di Balai Agung, ratusan warga Betawi dari berbagai Ormas, di antaranya dari Forkabi, menyaksikan jalannya deklarasi melalui layar lebar yang dipasang di panggung hiburan yang didirikan di halaman Balaikota, di mana di panggung itu ditampilkan musik dan tari-tarian.

Hadir juga di momen tersebut, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Juga Wakil Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) DKI Jakarta sekaligus Ketua Forum Bersama Jakarta (FBJ), Budi Siswanto.

Deklarasi dibacakan oleh Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatullah dan Sekjen Bamus Suku Betawi 1982 Muhammad Ikhsan.

(Berikut bunyi deklarasi tersebut)

Pengurus Bamus Betawi dan Bamus Suku Betawi 1982 dengan ini menyatakan bahwa dengan ini menyatakan kebulatan tekad untuk bersatu dengan membentuk Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi. Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi merupakan satu – satunya lembaga yang diamanatkan untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan kaum Betawi, serta penyelenggaraan Musyawarah Besar pada tahun 2023. Semoga Allah SWT meridhoi.

RN/edo lembang/red

Pos terkait